Peristiwa Daerah Info Pemilu 2024

Tim Seleksi Zona 2 Jatim Sosialisasikan Pendaftaran Calon Anggota Bawaslu

Kamis, 25 Mei 2023 - 13:31 | 70.59k
Tim Seleksi Calon Anggota Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten-kota Provinsi Jawa Timur Zona 2, melaksanakan sosialisasi di Aula Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Lamongan, Kamis (25/5/2023). (FOTO: MFA Rohmatillah/TIMES Indonesia)
Tim Seleksi Calon Anggota Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten-kota Provinsi Jawa Timur Zona 2, melaksanakan sosialisasi di Aula Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Lamongan, Kamis (25/5/2023). (FOTO: MFA Rohmatillah/TIMES Indonesia)
FOKUS

Info Pemilu 2024

TIMESINDONESIA, LAMONGAN – Tim Seleksi Calon Anggota Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten-kota Provinsi Jawa Timur Zona 2, menggelar sosialisasi pendaftaran calon anggota Bawaslu periode 2023-2028, Kamis (25/5/2023).

Tim Seleksi Zona 2 Jawa Timur membawahi 6 kabupaten/kota, meliputi Kabupaten Gresik, Lamongan, Bojonegoro, Tuban, Kabupaten Mojokerto dan Kota Mojokerto.

Ketua Tim Seleksi Calon Anggota Bawaslu Kabupaten/kota Zona 2 Jatim, Miftach Alamudin, mengatakan sosialisasi yang digelar di Aula Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Lamongan tersebut, merupakan bagian dari tahapan seleksi anggota Bawaslu.

Peserta sosialisasi merupakan perwakilan dari berbagai organisasi masyarakat, organisasi kepemudaan, organisasi perempuan serta awak media.

"Sosialisasi ini menjadi bagaian dari tugas awal kami Tim Seleksi Bawaslu kabupaten/kota di zona 2 jatim. Setelah hari ini di Lamongan, besok kita akan sosialisasi di Bojonegoro," kata Alamudin, usai sosialisasi.

Dalam sosialisasi tersebut, kata Alamudin, pihaknya menjelaskan mengenai tahapan-tahapan seleksi, mulai dari proses pendaftaran hingga persyaratan yang harus dipenuhi calon peserta seleksi.

Alamudin menyebutkan, syarat yang harus dipenuhi ada 18 poin. Di antaranya adalah Warga Negara Indonesia (WNI), pada saat pendaftaran berusia paling rendah 30 tahun, berpendidikan paling rendah sekolah menengah atas atau sederajat, tidak berada dalam satu ikatan perkawinan dengan sesama penyelenggara Pemilu dan masih banyak lagi.

"Untuk lebih detail bisa diakses melalui website bawaslu RI. 18 persyaratan itu harus terpenuhi semua oleh calon peserta seleksi," tuturnya.

Lebih lanjut Alamudin menyampaikan, penerimaan berkas pendaftaran saat ini sudah dibuka, dan berlangsung sampai tanggal 7 Juni 2023. Kemudian masa perbaikan berkas pendaftaran dijadwalkan pada tanggal 8 sampai 10 Juni.

Kemudian pengumuman hasil seleksi administrasi peserta calon anggota Bawaslu Kabupaten/kota Provinsi Jatim Zona 2, akan dilakukan pada tanggal 20 Juni 2023.

"Peserta yang lolos seleksi administrasi akan menjalani tes tertulis pada tanggal 21 sampai 23 Juni, kemudian tes psikologi tanggal 26 sampai 28 Juni. Dan hasil tes tulis serta tes psikologi akan diumumkan pada tanggal 3 Juli 2023," ucapnya.

Alamudin menambahkan, untuk memaksimalkan penjaringan calon anggota Bawaslu, Tim Seleksi Zona 2 Jatim akan menggencarkan sosialisasi, termasuk melalui media sosial. "Karena kami ingin mendapatkan kandidat yang terbaik. Apalagi kuota untuk perempuan juga harus terpenuhi," ujarnya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES