Peristiwa Daerah

PKL Alun-Alun Kota Kediri Mulai Pindah ke Sentra PKL Sementara 

Kamis, 25 Mei 2023 - 23:09 | 72.61k
Lokasi lama sentra PKL Alun-Alun Kota Kediri (foto : yobby/Times Indonesia)
Lokasi lama sentra PKL Alun-Alun Kota Kediri (foto : yobby/Times Indonesia)

TIMESINDONESIA, KEDIRI – Selama pengerjaan revitalisasi alun-alun Kota Kediri, para pedagang kaki lima (PKL) yang biasanya berjualan di sentra kuliner alun-alun Kota Kediri akan direlokasi di sentra PKL sementara. 

Sentra PKL sementara tersebut berada di ruas jalan sebelah selatan Alun-Alun Kota Kediri, atau tepat di belakang Dhoho Plaza. Di ruas jalan tersebut, pada sisi kiri dan kanan jalan telah dibangun tenda-tenda khusus untuk tempat PKL berjualan. 

Ketua paguyuban pedagang kaki lima alun-alun Kota Kediri Subagiono mengungkapkan para pedagang akan mulai berpindah secara serentak pada 26 Mei nanti.  Namun meskipun begitu selama 2 hari terakhir, sejumlah PKL terlihat sudah memindahkan barang-barang dari lapak lama, ke sentra PKL sementara tersebut.  

Para pedagang bergantian memindahkan sejumlah  barang-barang mereka ke sentra PKL sementara. "Perlengkapan untuk jualan. Seperti rombong, piring, meja dan tikar," tutur Kris, salah satu pedagang, Kamis (25/05/2023). 

Para pedagang memilih untuk pindah lebih awal agar lebih ringan, tanpa harus membawa banyak barang. Di sentra PKL sementara sendiri, para pedagang sudah mendapat tempat jualan masing-masing tanpa harus berebut tempat untuk berjualan. "Sudah ada nomornya sendiri-sendiri. Jadi tidak berebut," tambah pedagang lain bernama Nanik. 

Sementara itu Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kota Kediri, Wahyu Kusuma Wardani mengungkapkan selain tenda bagi para pedagang, di sentra PKL sementara juga terdapat tempat makan bersama yang bisa dimanfaatkan oleh para konsumen.

Keberadaan sentra PKL sementara ini diharapkan bisa membantu para PKL untuk bisa terus berjualan saat alun-alun Kota Kediri yang baru dibangun. Apalagi setelah pandemi melandai para PKL pelan-pelan bangkit ekonominya“Semoga dapat memberikan berkah untuk kita semua,” tuturnya.

Proses revitalisasi alin-alun Kota Kediri dijadwalkan akan dilakukan pada akhir bulan Mei 2023 ini. Pemerintah Kota Kediri menyiapkan pagu anggaran sebesar Rp. 23.834.000.000 yang bersumber dari APBD Kota Kediri untuk pengerjaan revitalisasi alun-alun Kota Kediri.  Pengerjaan sendiri ditargetkan akan selesai dalam waktu 7 bulan mendatang atau bulan Desember 2023 nanti. 

Nantinya alun-alun baru diharapkan menjadi sebuah lapangan terbuka yang luas dan dapat digunakan untuk menunjang segala kegiatan masyarakat. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ferry Agusta Satrio
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES