Peristiwa Daerah

Malang 109 di Kayutangan Bakal Datangkan 40 Ribuan Pengunjung

Jumat, 26 Mei 2023 - 16:04 | 77.19k
Anggota MMBI bersama Wali Kota Malang, Sutiaji saat menggelar konferensi pers kegiatan Malang 109. (Foto: Rizky Kurniawan Pratama/TIMES Indonesia)
Anggota MMBI bersama Wali Kota Malang, Sutiaji saat menggelar konferensi pers kegiatan Malang 109. (Foto: Rizky Kurniawan Pratama/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, MALANG – Sejumlah komunitas yang tergabung dalam Musik Malang Bersatu Indonesia (MMBI) bersama Pemerintah Kota Malang (Pemkot Malang) bakal menggelar kegiatan Malang 109 bertajuk "Bersama Kita Kuat".

Berlokasi di sepanjang Kayutangan Heritage Malang, kegiatan tersebut bakal diselenggarakan pada Minggu (28/5/2023) mendatang selama sehari penuh sejak pagi hingga malam.

Kegiatan ini merupakan acara tahunan yang sebelumnya juga digelar di Kayutangan dengan nama Malang 108 Rise and Shine.

Berbeda dengan tahun lalu, di tahun 2023 ini kegiatan pada Malang 109 akan berkonsep dengan panggung di tengah jalan sepanjang 40 meter.

"Teman-teman musik disana bermain bersama (di panggung tengah jalan). Panjangnya 40 meter dan lebarnya 5 meter. Di ujung Jembatan Penyebrangan Umum (JPU) juga ada street perform di tengah jalan," ujar Humas MMBI, Rockmad Dyan, Jumat (26/5/2023).

Setidaknya ada 7 komunitas yang masing-masing komunitasnya berisikan 40 sampai 50 anggota yang turut memeriahkan acara tersebut.

Untuk target pengunjung, di tahun sebelumnya bisa mencapai 20 ribu orang yang datang. Namun kini, nampaknya target tersebut naik secara drastis.

Dyan menyebut, pihaknya menargetkan bisa ada 25 ribu pengunjung yang datang dalam kegiatan bertajuk "Bersama Kita Kuat" tersebut.

"Tahun lalu kan 20 ribuan orang tumplek blek di Kayutangan. Tahun ini performer di tengah jadi banyak space. Bisa saja 25 ribu lebih pengunjung tahun ini," ungkapnya.

Sementara, Kepala Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Kota Malang, Baihaqi menyebut, angka pengunjung tersebut bisa lebih membludak lagi.

Sebab, pada Sabtu (27/5/2023) besok ada penyelenggaraan kegiatan dari Federasi Olahraga Rekreasi Masyarakat Indonesia (Formi) dengan menggelar Forda di wilayah Kota Malang.

Ia menuturkan, setidaknya ada 2.200 atlet yang akan hadir ke Kota Malang untuk mengikuti kegiatan olahraga tersebut. Dimungkinkan, mereka akan turut hadir dalam acara Malang 109 pada hari Minggunya.

"Itu belum termasuk official. Bisa dimungkinkan sampai 15 ribu tamu yang datang. Hotel-hotel di Kota Malang juga sudah penuh," tuturnya.

Maka, jika ditotal kemungkinan masyarakat yang hadir dalam kegiatan tersebut bisa mencapai 40 ribu orang yang bakal memadati wilayah Kayutangan Heritage Malang.

"Ini bagian kita untuk terus kolaborasi. Mereka akan menikmati juga kegiatan Malang 109 Kayutangan," tegasnya.

Disisi lain, nantinya juga akan ada UMKM yang mengisi dalam kegiatan tersebut. Setidaknya ada 25 UMKM yang diutamakan bagi mereka yang ada di kawasan Kayutangan.

"Mereka mengisi stan secara gratis, khususnya sekitar sini (Kayutangan) kita utamakan," imbuhnya.

Terpisah, Wali Kota Malang Sutiaji mengapresiasi kegiatan yang diinisiasi oleh MMBI ini. Ia berharap bisa menumbuhkan ekonomi Kota Malang berkali kali lipat lagi dari yang sebelumnya.

"Kami akan pantau, biasanya kalau dihitung ekonomi akan dilihat dari jumlah pengunjung. Pasti nanti perputarannya banyak dan lebih dari ekspetasi," tandasnya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ferry Agusta Satrio
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES