Peristiwa Daerah

Misteri di Balik Kesurupan Massal Karyawan Pabrik di Majalengka

Jumat, 07 Juli 2023 - 12:45 | 186.50k
Sejumlah karyawan di salah satu pabrik di Kabupaten Majalengka mengalami kesurupan masal. (FOTO: tangkap layar)
Sejumlah karyawan di salah satu pabrik di Kabupaten Majalengka mengalami kesurupan masal. (FOTO: tangkap layar)

TIMESINDONESIA, MAJALENGKA – Sebuah fenomena mengejutkan terjadi di sebuah pabrik di Kabupaten Majalengka, Jawa Barat. Sejumlah karyawannya mengalami kesurupan massal.

Kejadian ini pun viral. Berbagai media sosial dan warganet dibuat gempar oleh postingan sebuah rekaman video yang memperlihatkan situasi menghebohkan pada Kamis, 6 Juli 2023 di sebuah pabrik yang berada di Kecamatan Kasokandel tersebut.

Dalam video yang tersebar luas, beberapa karyawan terlihat berada dalam keadaan yang tidak stabil, sibuk menenangkan rekan-rekannya yang mengalami kesurupan.

Para korban kesurupan tersebut tampak kehilangan kendali atas tubuh mereka sendiri, berteriak histeris, menangis hingga meracau tak menentu.

Peristiwa itu terjadi begitu saja dan secara tiba-tiba dialami oleh seorang pekerja, kemudian menyusul korban lainnya bertambah lagi. Setelah beberapa orang mengalami hal yang sama, pihak berwenang pun akhirnya turun tangan guna menyelidiki dan mengungkap faktor penyebabnya.

Kapolres Majalengka, AKBP Indra Novianto mengungkapkan penyebab dugaan kesurupan massal yang melanda ratusan karyawan pabrik industri tersebut.

"Ada sekitar 100 karyawan teridentifikasi mengalami kejadian ini. Pemicunya diduga para karyawan itu kondisi perutnya kosong, belum sempat terisi sarapan sebelum memulai pekerjaan pada pagi hari," ungkap Kapolres Indra Novianto, Jumat (7/7/2023).

Kapolres menuturkan, saat kejadian berlangsung, para rekan kerja di pabrik itu saling membantu untuk menenangkan karyawan yang sedang kesurupan. 

"Rekan kerja pabrik lainnya dengan sigap saling membantu dan bekerja sama untuk memberikan dukungan dan ketenangan kepada karyawan yang terkena dampak," ujarnya.

Kapolres menandaskan, para karyawan yang mengalami kesurupan akan diberikan dukungan dan pendampingan psikologis untuk membantu mereka mengatasi trauma yang mungkin terjadi akibat kejadian ini.

Kasus kesurupan massal seperti yang terjadi di pabrik yang berada di Kabupaten Majalengka ini memang jarang terjadi, namun bukanlah hal yang benar-benar baru. Para ahli percaya bahwa fenomena ini bisa terjadi akibat pengaruh psikologis dan kondisi lingkungan yang memicu ketidakseimbangan mental dan emosi. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ronny Wicaksono
Publisher : Sofyan Saqi Futaki

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES