Peristiwa Daerah

MajaFest, Ikhtiar Meneguhkan Spirit Majapahit Full of Greatness

Senin, 07 Agustus 2023 - 08:18 | 66.72k
Pemecahan rekor MURI Tari Bedoyo Putri Mojosakti sebagai tarian khas Kabupaten Mojokerto. (Dok. Kominfo)
Pemecahan rekor MURI Tari Bedoyo Putri Mojosakti sebagai tarian khas Kabupaten Mojokerto. (Dok. Kominfo)

TIMESINDONESIA, MOJOKERTOCity Branding alias citra kota menjadi perhatian utama Presiden Republik Indonesia Joko Widodo. City Branding menjadi penting sebagaimana dalam Forum Rakornas Kepala Daerah dan Forkopimda di SICC, Sentul, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Selasa (17/1/2023) lalu.

"Saya perlu ingatkan bahwa kita ini memiliki 514 kabupaten/kota dan sekarang provinsi juga sudah tambah, jadi total sudah berapa provinsi Pak? 38 provinsi. Hati-hati yang namanya tata kota," ungkap Presiden dikutip TIMES Indonesia.

Seluruh kabupaten dan kota, menurut Presiden, harus mulai mendesain kotanya dengan baik. "Sehingga setiap kota dan kabupaten itu memiliki diferensiasi. Maksimalkan potensi daerah yang ada, buat 'masterplannya' yang betul-betul memiliki visi ke depan," tambah Presiden.

Kabupaten Mojokerto menjawab hal ini. Tagline Majapahit Full of Greatness alias Majapahit yang Penuh Kejayaan menjadi program City Branding yang cukup serius dikerjakan Organisasi Pemerintah Daerah (OPD) beberapa tahun belakangan. Tagline ini pertama kali dipopulerkan dalam event akbar Majapahit Festival atau MajaFest 2021 di Trowulan, Kabupaten Mojokerto, 28 Oktober 2021 hingga 10 November 2021.

MajaFest 2021

Tantangan pandemi covid-19 mengharuskan Kabupaten Mojokerto membuat gebrakan-gebrakan baru untuk ungkit kebangkitan ekonomi. Kabupaten Mojokerto mencoba mengangkat Kopi, Batik, dan Coklat. Potensi agribisnis dan seni batik Kabupaten Mojokerto mulai menampakkan ciri khas.

"Dan ternyata Kabupaten Mojokerto memiliki kekhasan. Dan kita mengetahui ternyata yang dibutuhkan produk kopi di Mojokerto ini jauh lebih besar dibandingkan dengan kemampuan yang bisa dipenuhi oleh petani Kabupaten Mojokerto. Maka ini kemudian menjadi PR bagi kita semuanya, bagaimana kopi Kabupaten Mojokerto sudah banyak peminatnya ini bisa lebih dikembangkan dan dibudidayakan," ungkap Bupati Mojokerto, Ikfina Fahmawati kala itu.

Adanya Duta Batik dan Duta Cokelat diharapkan mampu mempromosikan batik khas serta kekhasan cokelat di Kabupaten Mojokerto. Motif batik berupa candi wringin lawang cukup mendapat sorotan.

"Pemilihan ini ditujukan untuk mendapatkan duta-duta batik yang mempromosikan batik-batik Kabupaten Mojokerto, batik khas Kabupaten Mojokerto yang tentunya ini memiliki kekhasan dan motif yang berbeda dari daerah-daerah lain. Begitu juga dipilih putri cokelat supaya bisa mempromosikan juga terkait kekhasan cokelat yang ada di Kabupaten Mojokerto," kata Ikfina. 

MajaFest 2022

MajaFest 2022 dibarengi semangat baru menjelang Peringatan Indonesia Merdeka, Pulih Lebih Cepat Bangkit Lebih Kuat. Tahun 2022 menjadi momentum seni batik dan kuliner Mojokerto. Kabupaten Mojokerto meneguhkan kuliner sambel wader sebagai kuliner khas Kabupaten Mojokerto. Momentum MajaFest 2022 mengantarkan Kabupaten Mojokerto memperoleh Rekor MURI sebagai sajian sambel wader dalam 1.035 layah, terbanyak sepanjang sejarah.

Momentum kebangkitan seni batik berangsur-angsur dikenakan para finalis Gus dan Yuk Kabupaten Mojokerto sebagai Duta Wisata Daerah. Tidak hanya batik, tenun mendapatkan tempat tersendiri. Lomba Fashion pejabat-pejabat setempat mencoba memamerkan kain tenun Kabupaten Mojokerto.

"Kita berharap ini menjadi agenda tahunan supaya para pelaku ekonomi kreatif, budayawan, semua komponen di Kabupaten Mojokerto ini mempunyai ide-ide yang kreatif. Bagaimana nanti bisa membuat suatu rekor MURI yang tujuannya tidak hanya untuk pengakuan tapi rekor MURI ini adalah sesuatu yang bisa memberikan dampak terhadap ekonomi di Kabupaten Mojokerto," ujar Ikfina.

Tahun 2022 pula Kabupaten Mojokerto memiliki komunitas jejaring kreatif. Sebuah paguyuban jejaring kreatif atas nama Majapahit Creative Space. Tempat pergumulan para Event Organizer, Seniman, Musisi, Aktor, Aktris, Model, Fotografer, Videografer, Perajin, Influencer, dan insan pers. Disamping itu Mojokerto Tourism Award menjadi sebuah penghargaan terhadap para pelaku ekonomi di berbagai sektor sebagai upaya membangkitkan pariwatas di Kabupaten Mojokerto.

MajaFest 2023

MajaFest 2023 tampak semakin meneguhkan City Branding Kabupaten Mojokerto sebagai Majapahit Full of Greatness. Digelarnya MajaFest 2023 di lapangan Kawiryan, Pacing, Kecamatan Gondang mulai tanggal 3 – 5 Agustus semakin meneguhkan ciri khas Kabupaten Mojokerto.

Sambel Wader

Bupati-Mojokerto.jpgBupati Mojokerto, Ikfina Fahmawati bersama pejabat dalam festival sambel wader MajaFest 2023. (Dok. Kominfo)

Festival sambel wader yang dikemas dalam event Majapahit Festival (Majafest) tahun 2023 ini, merupakan upaya Pemkab Mojokerto dalam mempopulerkan makanan sambel wader sebagai kuliner khas Kabupaten Mojokerto.

Sebanyak 721 layah sambel wader lengkap dengan nasi, disuguhkan dalam festival sambel wader kali ini. 

“Kemarin di tahun 2022, bersama-sama kita memecahkan rekor MURI nguleg sambel wader di layah bersama-sama. Ada 1.035, kita berpartisipasi dan dicatat di Museum Rekor Dunia Indonesia,” kata Bupati Mojokerto.

kita perlu mengukuhkan makanan khas Kabupaten Mojokerto yaitu sambel wader. Di sisi yang lain, kita harus menunjukkan kepada seluruh masyarakat tidak hanya di wilayah Mojokerto tetapi juga di wilayah di Jawa Timur dan Indonesia bahwa sambel wader adalah makanan khas Kabupaten Mojokerto,” terang Ikfina.

Gus Yuk Mojokerto

MajaFest-2968f5a6f4882a06c.jpgPemenang Gus Yuk Kabupaten Mojokerto dalam malam puncak pengumuman para juara. (Dok. Kominfo)

Pemilhan Gus Yuk Kabupaten Mojokerto ini mengangkat tema ’’The Glory Of Unity’’. Partai final pemilihan Gus dan Yuk ini diikuti pasangan peserta yang telah masuk tahap 15 besar dari total pendaftar 243 orang. Mereka akan dipilih secara terbuka sesuai tolok ukur penilaian yang sudah ditentukan.

"Harapannya berbagai bakat dan pengetahuan yang dimiliki. Bisa mengupayakan pariwisata, budaya, ekonomi kreatif di Kabupaten Mojokerto yang betul-betul bisa diandalkan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat," terang Bupati Mojokerto.

Pemenang Gus Yuk Kabupaten Mojokerto ini memiliki tujuan untuk meningkatkan kemampuan generasi muda dalam upaya menginformasikan dan mempromosikan potensi obyek dan daya tarik wisata Kabupaten Mojokerto. Serta mempersiapkan duta wisata yang mempunyai wawasan luas dan profesional dalam mengembangkan pembangunan pariwisata di Kabupaten Mojokerto. 

Tari Bedoyo Putri Mojokerto

Tari Bedoyo Putri Mojosakti ini telah dinobatkan sebagai tarian khas Kabupaten Mojokorto. Sebanyak 509 penari Bedoyo Putri Mojosakti berhasil mencatatatkan rekor MURI ke-8 dari rekor MURI yang pernah ada di Kabupaten Mojokerto.

Tari Bedoyo Putri Mojosakti itu menjadi bagian dari rangkaian MajaFest 2023, yang merupakan bentuk dari pelestarian warisan budaya Kerajaan Majapahit agar terus eksis. Ikfina juga mengukuhkan tarian tersebut sebagai rekor dunia sebagai tarian asli dari Kabupaten Mojokerto.

"Mudah-mudahan ini menjadi bagian upaya kita semuanya, bagaimana Kabupaten Mojokerto sebagai dahulunya pusat Kerajaan Majapahit. Budaya-budaya tidak lepas dari peninggalan Majapahit dan tetap menjadi bagian dari kehidupan kita sehari-hari," ungkap Ikfina.

Tarian ini melambangkan sosok perempuan yang memiliki peran ganda, yakni peran domestik maupun peran untuk bangsa dan masyarakatnya. Selain itu, Tari Bedoyo Putri Mojosakti ini diciptakan oleh guru tari asli Kabupaten Mojokerto, yakni guru tari yang berasal dari SMAN 1 Dawarblandong Mojokerto. Sehingga tidak diragukan lagi asal muasal kepemilikan dan keaslian tarian tersebut.

Penghargaan MURI ini menjadi yang ke-8 diantara rekor-rekor MURI yang ada di Kabupaten Mojokerto. Dihimpun TIMES Indonesia, berikut 8 catatan rekor MURI di Kabupaten Mojokerto.

1. Karya Wisata Lokal Gratis di 7 Lokasi dengan peserta terbanyak pada 2010.

2. Pengecatan Genteng atau Atap Rumah dengan Tulisan KB Dua Anak Cukup Terbanyak pada Maret 2013.

3. Sajian Onde-onde Terbanyak yakni 20.400 onde-onde pada tahun 2017.

4. Pagelaran Wayang Kulit secara Daring Terlama 7 malam di Gus Haji Mas Sulton pada September 2020.

5. Hipnoterapi secara Daring untuk Meningkatkan Kesadaran Protokol Kesehatan pada 2021.

6. Patung Gajah Mada Tertinggi di Indonesia pada April 2021.

7. Sajian Sambal Wader dalam Layah Terbanyak pada 25 Agustus 2022.

8. Pertunjukan Seni Tari Bedoyo Putri Mojosakti sebagai Tarian Asli Kabupaten Mojokerto pada 4 Agustus 2023. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES