Peristiwa Daerah

Hadiri HUT ke-50 Asosiasi Kontraktor Indonesia, Menteri PUPR RI Tekankan Kualitas Konstruksi

Selasa, 03 Oktober 2023 - 18:32 | 33.72k
Menteri PUPR RI Basuki Hadimuljono saat menghadiri “The Harmony Night”, yang merupakan peringatan Hari Ulang Tahun ke-50 AKI, Senin (02/10/2023), di Jakarta. (FOTO: Biro Komunikasi Publik Kementerian PUPR RI)
Menteri PUPR RI Basuki Hadimuljono saat menghadiri “The Harmony Night”, yang merupakan peringatan Hari Ulang Tahun ke-50 AKI, Senin (02/10/2023), di Jakarta. (FOTO: Biro Komunikasi Publik Kementerian PUPR RI)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Menteri PUPR RI) Basuki Hadimuljono mengatakan Kementerian PUPR RI terus mendorong peningkatan kualitas sumber daya jasa konstruksi. Salah satunya termasuk melalui Asosiasi Kontraktor Indonesia (AKI), yang menjadi media berkembangnya peran aktif para kontraktor dalam pertumbuhan jasa konstruksi di Indonesia.

“AKI merupakan asosiasi kontraktor besar di Indonesia dengan jumlah anggota sebanyak 154 orang. Saya kira kontribusi AKI akhir-akhir ini dapat dirasakan bagi pemerintah. Karena jasa konstruksi turut berkontribusi besar dalam meningkatkan daya saing Indonesia yang meningkat 10 tingkat. Kontribusi sektor jasa konstruksi terhadap pembentukan PDB Indonesia saat ini berkisar 10,1%. Signifikan,” kata Menteri PUPR RI saat menghadiri “The Harmony Night”, yang merupakan peringatan Hari Ulang Tahun ke-50 AKI, Senin (02/10/2023), di Jakarta.

The-Harmony-Night-2.jpg

Dalam kesempatan itu pula, Menteri PUPR RI mengatakan bahwa salah satu tantangan dari para kontraktor Indonesia ke depannya adalah kualitas. Oleh karena itu, dalam kunjungan kerjanya sebagai Chief de Mission (CdM) Asian Games ke-19 di Tiongkok mendatang, Menteri PUPR RI juga memperhatikan kualitas hasil pekerjaan dan mempelajari metodologi konstruksi di Tiongkok.

Menteri PUPR RI mengatakan agar AKI juga banyak menimba ilmu dan pengalaman kerja sektor konstruksi dari negara maju, antara lain Tiongkok, untuk meningkatkan kualitas konstruksi di Indonesia. Hanya dengan terus belajar dan bekerja lebih baik, kita dapat memenuhi aspek-aspek pembangunan infrastruktur kedepannya, yaitu aspek peningkatan kualitas, estetika dan keberlanjutan lingkungan.

“Harapannya para kontraktor Indonesia dapat melihat sendiri bagaimana metodologi konstruksi di negara-negara maju. Jadi kita tidak hanya mengagumi saja, tapi kalau bisa diterapkan juga di Indonesia sehingga ada dampaknya bagi perkembangan sektor konstruksi di Indonesia,” tambah Menteri PUPR RI.

Ketua Umum AKI Joko Sarmono berterimakasih kepada Kementerian PUPR RI atas kolaborasi dan kerja sama yang telah terjalin selama ini dalam mengembangkan konstruksi Indonesia.

“AKI telah tumbuh menjadi asosiasi yang turut berperan aktif dalam pertumbuhan jasa konstruksi di Indonesia. Dan kami harap, kami dapat terus berperan dalam merealisasikan RPJMN 2025-2045 dengan terarah dan terukur. Kami juga berharap akan petunjuk dan arahan dari Menteri PUPR RI agar kedepannya dapat memiliki peran yang lebih besar dan bermanfaat bagi Indonesia,” jelas Joko Sarmono.

Menteri PUPR RI juga berterimakasih kepada AKI yang telah berkontribusi besar dalam pembangunan infrastruktur Indonesia.

“Tanpa peran AKI kita tidak bisa berbuat banyak. Dan dengan segala kelebihan dan kekurangan, tujuan kita bersama adalah hari esok harus lebih baik dari sekarang. Selamat merayakan HUT ke-50 untuk AKI. Semoga dapat tetap eksis dan semakin maju dengan Sumber Daya Manusia yang kompeten dan amanah,” harap Menteri PUPR RI.

Turut hadir mendampingi Menteri Basuki, Direktur Jenderal Perumahan Iwan Suprijanto dan Staf Ahli Menteri PUPR RI Bidang Teknologi, Industri dan Lingkungan Endra S. Atmawidjaja. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Sofyan Saqi Futaki

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES