Peristiwa Daerah

BMKG Ingatkan Potensi Hujan Lebat dan Angin Kencang Hari Ini

Senin, 29 Januari 2024 - 07:58 | 15.78k
Ilustrasi potensi hujan lebat melanda sebagian wilayah Indonesia. (Foto: Dok. TIMES Indonesia)
Ilustrasi potensi hujan lebat melanda sebagian wilayah Indonesia. (Foto: Dok. TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, SURABAYA – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memperingatkan masyarakat Indonesia tentang potensi cuaca ekstrem pada hari ini, Senin (29/1/2024), dengan prediksi hujan lebat dan angin kencang melanda sejumlah besar daerah di tanah air.

Berdasarkan informasi resmi BMKG di Jakarta, sejumlah provinsi yang harus mewaspadai kondisi cuaca ekstrem ini mencakup Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Riau, Kepulauan Riau, Bengkulu, Jambi, Sumatera Selatan, Kepulauan Bangka Belitung, Lampung, dan Banten.

Prediksi BMKG juga mencakup wilayah Jawa Barat, DKI Jakarta, Jawa Tengah, DI Yogyakarta, Jawa Timur, Bali, Nusa Tenggara Barat, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur, Kalimantan Selatan, Sulawesi Utara, Sulawesi Tengah, Sulawesi Barat, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, Maluku Utara, dan Papua.

Beberapa daerah, seperti Aceh, Jawa Barat, DI Yogyakarta, Jawa Timur, Nusa Tenggara Barat, Kalimantan Selatan, Sulawesi Utara, Maluku Utara, dan Maluku, diperkirakan akan mengalami hujan lebat disertai angin kencang. Wilayah lainnya juga berpotensi mengalami hujan dengan kilat atau petir.

Dalam perkembangan terkini, Kepala BMKG, Dwikorita Karnawati, menekankan bahwa cuaca ekstrem dapat terus mengancam sebagian wilayah Indonesia hingga Februari mendatang. Masyarakat diimbau untuk tetap waspada dan siap-siaga menghadapi potensi bencana hidrometeorologi.

Penyebab cuaca ekstrem ini melibatkan faktor-faktor seperti Monsun Asia yang signifikan, adanya daerah tekanan rendah di sekitar Laut Timor, Teluk Carpentaria, dan Samudra Hindia barat Sumatra.

Selain itu, fenomena Madden Julian Oscillation (MJO) yang bersamaan dengan aktifnya gelombang Rossby Ekuatorial. 

"Kondisi itu dapat meningkatkan aktivitas konvektif serta pembentukan pola sirkulasi siklonik di wilayah Indonesia," ujar Kepala BMKG. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ferry Agusta Satrio
Publisher : M. Rofiul Achsan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES