Peristiwa Daerah

5 Kecamatan Ini, Penghasil Buah Durian Terbanyak di Pasuruan, Paling Enak Durian Bawor

Senin, 29 Januari 2024 - 20:43 | 24.52k
Ilustrasi - Ciri khas durian bawor berdaging tebal dan berukuran bongsor. (Foto: M. Fajar Ramadhan/Trubus)
Ilustrasi - Ciri khas durian bawor berdaging tebal dan berukuran bongsor. (Foto: M. Fajar Ramadhan/Trubus)

TIMESINDONESIA, PASURUAN – Salah satu desa di Kecamatan Lumbang, Kabupaten Pasuruan, yaitu Desa Kronto. Menggelar acara Selamatan Desa dengan menyuguhkan gunungan/tumpeng duren setinggi 5 meter, Minggu (28/01/24) kemarin. Gunungan ratusan buah durian tersebut diperebutkan oleh ribuan masyarakat setelah acara usai.

Seperti diketahui, Kecamatan Lumbang merupakan salah satu sentra daerah penghasil buah durian di Kabupaten Pasuruan. Dari data yang berhasil dirangkum, jumlah produksi durian di Kabupaten Pasuruan sebesar 1.134.078 kwintal pada tahun 2022. Sedangkan pada tahun 2021, jumlah total produksi durian di Kabupaten Pasuruan sebanyak 1.082.920 kwintal.

Gunungan-durian.jpgGunungan durian di selamatan Desa Kronto, Kecamatan Lumbang, Kabupaten Pasuruan. (Foto: kominfo)

Kabupaten Pasuruan merupakan salah satu penghasil buah durian terbesar di Jawa Timur. Terdapat 5 kecamatan penyokong penghasil buah durian terbanyak di Kabupaten Pasuruan, yaitu:

1. Kecamatan Lumbang
2. Kecamatan Pasrepan
3. Kecamatan Puspo
4. Kecamatan Purwosari
5. Kecamatan Tutur

Kebanyakan petani durian di Pasuruan menanam durian jenis Montong, Kasmin, Durian Petruk, Durian Bawor, Durian Bokor, dan Durian lokal. Namun jenis Durian Bawor yang sangat digemari. Durian Bawor merupakan varietas yang paling mirip dengan durian monthong. Daging buahnya tebal dan berwarna kuning dengan cita rasa yang manis.

Durian varietas unggul asal Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah ini memiliki keunggulan pada bobot buah yang dapat mencapai 6–7 kg per butir. Bahkan, dengan perawatan yang serius, bobot buah bisa mencapai 12 kg per butir.

Meski Durian Bawor kebanyakan ditanam di daerah dataran tinggi, namun seorang petani asal Desa Sambong, Kecamatan/Kabupaten Pacitan, Aziz Ahmadi (50). Sukses menanam durian bawor yang tengah menjadi primadona di kalangan pecinta buah durian tersebut. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Imadudin Muhammad
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES