Peristiwa Daerah

Momen Perayaan Natal, Bupati Gresik Janji Fasilitasi Lahan Makam Umat Kristiani

Selasa, 30 Januari 2024 - 23:48 | 32.42k
Bupati Gresik Fandi Akhmad Yani saat berfoto bersama umat kristiani saat perayaan natal (Foto: Akmal/TIMES Indonesia).
Bupati Gresik Fandi Akhmad Yani saat berfoto bersama umat kristiani saat perayaan natal (Foto: Akmal/TIMES Indonesia).

TIMESINDONESIA, GRESIKBupati Gresik Fandi Akhmad Yani berjanji akan memfasilitasi umat Kristiani mendapatkan lahan makam. Hal ini karena kondisi pemakaman sudah overload.

Yani menyatakan, pemakaman umat kristiani hanya ada satu, di Jalan Jaksa Agung Suprapto. Itu merupakan makam utama umat Kristen dan Katolik yang ada di Kota Pudak.

"Ini masukan luar biasa, sudah pernah bicara dengan Bamag (Makam sudah penuh)," katanya usai menghadiri kegiatan perayaan natal yang digelar Badan Musyawarah Antar Gereja (BAMAG) Gresik pada, Selasa (30/1/2024).

Saat ini, kata Bupati Gus Yani, pemerintah daerah tengah melakukan mapping terkait rencana pemakaman baru dengan kapasitas ratusan.

"Terkait itu sudah kita mapping tak hanya kristiani, di perkotaan juga terbatas, DCKPKP sedang menyusun rencana itu, akan kita atur, tinggal lokasinya aja, ini jadi PR kita," ujarnya.

Dalam kesempatan tersebut, Bupati mengapresiasi sinergitas antara Bamag dan Pemkab Gresik dalam menciptakan daerah yang aman dan rukun, berdampingan.

Dia menilai, umat kristiani konsisten dan turut serta berkontribusi atas pembangunan di Gresik, terutama dalam konstribusinya menjaga kerukunan antar umat beragama.

"Disini kami selalu memberikan fasilitas dan support dalam beribadah di seluruh agama, dan tentu juga kami sampaikan ke pada Bamag dan jamaah umat kristiani bahwasah Gresik untuk semua memberikan rasa aman," ungkapnya.

Sementara itu, Ketua Bamag Gresik, Pdt Royke David menyatakan jika selama ini umat kristiani telah berkontribusi dalam menciptakan keberagaman dan kerukunan antar umat beragama.

"Semoga kolaborasi terus terjaga dan juga terus menebar kedamaian kepada seluruh umat beragama," tutup dia yang sangat mendukung rencana Bupati Gresik dalam mewujudkan pemakaman umat Kristiani. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Irfan Anshori
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES