Peristiwa Daerah

Misteri dan Khasiat Pohon Kelapa Bercabang Delapan di Pacitan

Minggu, 04 Februari 2024 - 11:27 | 25.82k
Kelapa bercabang delapan di Pacitan yang dipercaya sebagian berkhasiat. (FOTO: Yusuf Arifai/TIMES Indonesia)
Kelapa bercabang delapan di Pacitan yang dipercaya sebagian berkhasiat. (FOTO: Yusuf Arifai/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, PACITAN – Di Desa Ploso, Kecamatan Punung, Pacitan, Jawa Timur, terdapat sebuah pohon kelapa yang unik. Pohon kelapa ini bukan hanya memiliki batang yang kokoh dan daun yang rimbun, tetapi juga memiliki delapan cabang yang menjulang tinggi. Keunikan pohon ini menarik perhatian banyak orang, bahkan dari luar kota.

Pemilik pohon kelapa, Kateno (58), mengatakan bahwa pohon kelapa ini telah ditanamnya sejak tahun 1980. Awalnya, pohon ini tumbuh seperti pohon kelapa pada umumnya. Namun, seiring waktu, muncul beberapa tunas yang kemudian berkembang menjadi cabang baru.

"Saya sendiri yang menanamnya. Awalnya saya tidak menyangka kalau pohon ini akan tumbuh bercabang delapan," kata Kateno kepada TIMES Indonesia, Minggu (4/2/2024).

Keunikan pohon ini tidak hanya menarik perhatian karena bentuknya yang unik. Air kelapa dari pohon ini diyakini memiliki khasiat menyembuhkan berbagai penyakit.

"Banyak orang yang datang ke sini untuk mencari air kelapa dari pohon ini. Katanya, airnya bisa menyembuhkan berbagai penyakit," kata Kateno.

Kateno sendiri tidak mengetahui secara pasti penyakit apa saja yang bisa disembuhkan dengan air kelapa dari pohonnya. Namun, dia mengaku pernah ada orang yang menawar pohon tersebut dengan harga Rp15 juta.

"Sekitar empat tahun lalu ada yang menawar, tapi saya tidak mau jual," tegasnya.

Keberadaan pohon kelapa bercabang delapan ini menjadi daya tarik tersendiri bagi Desa Ploso. Banyak orang yang datang ke desa ini untuk melihat pohon ini secara langsung.

"Pohon ini menjadi kebanggaan bagi desa kami," kata Kateno.

Misteri dan Khasiat

Kelapa-bercabang-2.jpg

Keunikan pohon kelapa bercabang delapan ini masih menyisakan misteri. Ada yang menganggapnya sebagai hal biasa, namun tak sedikit pula yang mengaitkannya dengan sisi spiritual.

"Ada yang bilang pohon ini keramat. Ada juga yang bilang pohon ini adalah peninggalan para wali," kata Kateno.

Terlepas dari misteri dan khasiatnya, pohon kelapa bercabang delapan di Pacitan ini menjadi bukti kekayaan alam Indonesia yang tak ada habisnya. Keberadaannya pun menjadi daya tarik tersendiri bagi Desa Ploso dan sekitarnya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES