Peristiwa Daerah

Sungai Sumber Pacar Kota Probolinggo Meluap, Puluhan Rumah Warga Terendam Banjir

Minggu, 04 Februari 2024 - 22:33 | 68.21k
Sepanjang Jalan Ir Juanda Kota Probolinggo terendam air luapan sungai Sumber Pacar. (FOTO: Raphel Azizah For TIMES Indonesia)
Sepanjang Jalan Ir Juanda Kota Probolinggo terendam air luapan sungai Sumber Pacar. (FOTO: Raphel Azizah For TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, PROBOLINGGO – Hujan selama satu setengah jam yang mengguyur Kota Probolinggo pada Minggu (04/02/2024) menyebabkan sejumlah lokasi terendam banjir. Salah satunya di Kelurahan Tisnonegaran, Kecamatan Kanigaran.

Banjir tersebut merendam beberapa rumah di Jalan Ir. Juanda. Air setinggi lutut orang dewasa atau sekitar satu meter juga menggenangi jalan-jalan di sekitarnya, termasuk Jalan Sultan Syahrir dan Jalan Melati. Sekitar 10 rumah dilaporkan terendam air.

Menurut Raphel Azizah, seorang warga di Jalan Ir. Juanda, banjir seperti ini sudah biasa terjadi saat hujan deras mengguyur Kota Probolinggo. “Ini sudah sering terjadi, bukan hanya karena sungai, tetapi juga karena selokan yang jarang dibersihkan dan dangkal,” ucap Rapel.

Probolinggo-terendam-banjir.jpg

Rumah warga Jl. Ir Juanda Kota Probolinggo terendam banjir. (FOTO: Raphel Azizah For TIMES Indonesia)

Selain karena sungai Sumber Pacar meluap akibat hujan, banjir ini juga disebabkan dangkalnya selokan di sepanjang Jalan Ir. Juanda, Jalan Sultan Syahrir, dan Jalan Melati.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Probolinggo, Sugito, mengatakan jika Pusat Pengendalian Operasi Pengendalian Bencana (Pusdalop PB) melalui call center 112 telah menerima laporan dari warga. 

“Saat ini petugas kami masih melakukan pengecekan di lapangan,” ujarnya.

Hujan yang berlangsung dari pukul 16.30 hingga 18.00 itu juga menyebabkan sejumlah wilayah di Kota Probolinggo terendam banjir. Warga di sekitar lokasi banjir berharap ada solusi dari pemerintah setempat agar banjir tidak terulang kembali.

Hingga berita ini diturunkan, petugas masih melakukan pengecekan lokasi banjir di Kota Probolinggo dan belum mendata total kerugian yang dialami warga. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ronny Wicaksono
Publisher : Sofyan Saqi Futaki

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES