Peristiwa Daerah

Amankan Pemilu 2024, Kapolda NTT Geser Ratusan Anggota BKO

Senin, 05 Februari 2024 - 14:14 | 14.93k
Kapolda NTT Irjen Pol. Daniel Tahi Monang Silitonga saat berdialog dengan anggota BKO usai apel pergeseran.(FOTO: Habibudin/TIMES Indonesia)
Kapolda NTT Irjen Pol. Daniel Tahi Monang Silitonga saat berdialog dengan anggota BKO usai apel pergeseran.(FOTO: Habibudin/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, SUMBA TIMUR – Kepala Kepolisian Daerah NTT (Kapolda NTT) Irjen Pol. Daniel Tahi Monang Silitonga memimpin apel pergeseran personel Bawah Kendali Operasi (BKO) pengamanan Tempat Pemungutan Suara (TPS) Pemilu 2024.  

“Hari ini menjadi hari penting bagi Provinsi NTT. Kita pastikan Pemilu 2024 ini berjalan aman dan lancar maka kita geser ratusan anggota BKO sembilan Polres amankan TPS,” kata Irjen Pol Daniel  saat memimpin apel.

Apel ini dihadiri Wakapolda NTT Brigjen Pol. Awi Setiyono, pejabat utama Polda NTT dan seluruh personel yang terlibat dalam Sprint Operasi Mantap Brata Turangga 2023-2024 di lapangan Ricky Sitohang, Senin (5/2/2024).

Dalam suasana penuh semangat, pihaknya secara simbolis menyerahkan ransel BKO kepada anggota Brimob dan Samapta Polda NTT sebagai tanda kesiapan menjelang pergeseran personel untuk pengamanan TPS di seluruh wilayah NTT.

Irjen Pol. Daniel menyampaikan, bahwa data pemilu tahun 2019 menunjukan 61 TPS di Provinsi NTT mengalami pemilihan ulang. Pihaknya juga menggarisbawahi kerawanan yang perlu diantisipasi seperti konflik politik, ketidaksetaraan akses informasi dan tantangan geografis.

Menurutnya, dengan kuota TPS sebanyak 16.746 pada Pemilu 2024 maka Polda NTT mengirimkan 414 personel ke Polres jajaran dan menyediakan power on hand sebanyak 97 personel ke 9 Polres.

“Peran aparat kepolisian dalam memastikan setiap warga negara dalam menggunakan hak pilihnya dengan aman, damai dan tanpa intimidasi,” tegasnya.

Pergeseran personel ini harus dilakukan dengan cermat dan terencana. Setiap anggota yang diperbantukan di wilayah baru harus memahami sepenuhnya tugas dan tanggung jawab.

Ia menekankan, pentingnya mendistribusikan anggaran tanpa potongan dan menjaga kesehatan anggota sebagai prioritas utama dalam koordinasi dengan unsur terkait seperti TNI, KPU, Bawaslu dan instansi terkait.

“Saya harap kepada anggota untuk menjaga keamanan dengan waspada terhadap potensi ancaman selama bertugas. Saya juga minta untuk terus berkomunikasi dengan satuan atas guna mendapat dukungan yang cepat dan efektif,” harapnya.

Irjen Pol. Daniel mengucapkan terima kasih atas dedikasi seluruh personel yang terlibat dalam operasi ini.

“Semoga kita menjalankan tugas ini dengan baik serta memberikan kontribusi positif dalam menjamin suksesnya Pemilu 2024 di NTT dan mencerminkan komitmen kita terhadap pelaksanaan demokrasi yang aman dan berkualitas,” terang Kapolda NTT Irjen Pol. Daniel.(*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES