Peristiwa Daerah Info Pemilu 2024

Jelang Pemilu, Pangdam IX/Udayana Siapkan 10.700 Personil untuk Pengamanan

Senin, 05 Februari 2024 - 22:13 | 15.32k
Pangdam IX Udayana Mayjen TNI Harfendi saat menyambut kedatangan awak media yang diundangnya secara khusus. (Foto: Susi/TIMES Indonesia)
Pangdam IX Udayana Mayjen TNI Harfendi saat menyambut kedatangan awak media yang diundangnya secara khusus. (Foto: Susi/TIMES Indonesia)
FOKUS

Info Pemilu 2024

TIMESINDONESIA, DENPASARPangdam IX/Udayana Mayjen TNI Harfendi, SIP, MSc, menyebut bahwa tidak ada temuan terkait netralitas TNI di Bali sampai saat ini.

Penegasan itu disampaikannya saat menghadiri Simakrama Pangdam IX Udayana bersama para awak media se-Bali di Makodim 0611 Badung, Senin (5/2/2024).

Menurut Pangdam, pihaknya bahkan menyiapkan posko pengaduan di setiap kesatuannya terkait netralitas TNI.  Ia pun berharap jika ada temuan terkait oknum TNI yang melanggar netralitas selama Pemilu untuk tak segan melaporkannya.

Menjelang perhelatan Pemilu ini, Pangdam menyebutkan bahwa pihaknya sudah mengerahkan 10.700 personil TNI untuk pengamanan Pemilu 14 Februari mendatang yang tersebar di 3 Korem di Kupang, Lombok dan Bali.

"Terakhir kemarin kami sudah melakukan pengecekan kesiapan pasukan baik itu personil maupun materil sesuai arahan Panglima TNI," jelasnya dihadapan para awak media yang meliput.

Pangdam memastikan bahwa pasukan tersebut sesuai permintaan masing-masing Polda di wilayah ketiga Korem ada di bawah kendali Polda atau Polres.

"Apabila nanti dalam perkembangannya dibutuhkan lagi personil, maka kami akan siapkan lagi dan diluar pasukan cadangan  sudah kami siapkan standby di kesatuannya masing-masing," Paparnya.

Khusus untuk Bali, lanjut Mayjen TNI Harfendi, pihaknya tadi siang sudah mengikuti rapat koordinasi dengan Pemerintah Provinsi maupun Forkopimda beserta KPU dan Bawaslu bahwa semua pihak sudah siap untuk menyelenggarakan Pemilu yang aman dan kondusif.

Dalam kesempatan tersebut, Joko Moelyono selaku perwakilan media menyampaikan apresiasinya atas sinergitas yang telah terbangun antara TNI dan wartawan.

"Semoga kemitraan ini dapat terus terjalin dan menjadi hal yang bermanfaat, juga akses untuk mendapatkan informasi lebih dimudahkan lagi untuk kami para awak media," Katanya.

Hal senada disampaikan Pendam IX Udayana, Kolonel Inf Agung Udayana, yang mengucapkan terimakasih atas kesediaan para insan media untuk meluangkan waktu dalam acara Simakrama tersebut.

"Ini kan menjadi agenda rutin yang akan kami siapkan untuk semakin menjalin silaturahmi yang erat lagi" tutupnya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Hendarmono Al Sidarto
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES