Peristiwa Daerah Info Pemilu 2024

Dikabarkan Dukung Salah Satu Paslon, Ini Sikap Tegas Ponpes Tebuireng Jombang

Rabu, 07 Februari 2024 - 20:19 | 17.23k
Tampak Depan Halaman Pondok Pesantren Tebuireng Jombang. (FOTO: Rohmadi/TIMES Indonesia)
Tampak Depan Halaman Pondok Pesantren Tebuireng Jombang. (FOTO: Rohmadi/TIMES Indonesia)
FOKUS

Info Pemilu 2024

TIMESINDONESIA, JOMBANG – Pemilu 2024 semakin dekat berbagai tokoh nasional sibuk keluar masuk pondok pesantren guna meyakinkan pilihannya adalah yang terbaik. 

Bumbu jelang pemungutan di pemilu 2024 ini semakin menambah hangatnya situasi politik di Indonesia saat ini. Pernyataan dukungan ke salah satu paslon juga terus digencarkan tak terkecuali menyasar ke pondok. 

Salah satu pondok ternama di Kota Santri yang santer dikabarkan mendukung salah satu paslon yakni Tebuireng juga tak luput dari gencarnya pemberitaan tersebut. 

Namun, dari keterangan yang diterima TIMES Indonesia pada Rabu (7/2/2024) Ponpes Tebuireng Jombang mengeluarkan pernyataan menyikapi isu yang berkembang bahwa pondok yang didirikan KH Hasyim Asy'ari itu mendukung salah satu pasangan calon.

Dari pernyataan pesantren itu memuat lima point penting bahwasanya salah satu pondok ternama di Indonesia memegang marwah pesantren dan tidak pernah terlibat politik praktis.

"Sehubungan dengan beredarnya berita informasi postingan di media sosial terkait deklarasi yang mengatasnamakan Pesantren Tebuireng tentang dukungan terhadap salah satu Paslon Presiden dan Wakil Presiden, maka Pesantren Tebuireng merasa perlu menyampaikan klarifikasi atau tabayun sebagai berikut," tulis isi surat pernyataan tersebut.

Pertama, Pesantren Tebuireng selalu menjaga marwah pesantren dengan berasaskan kebangsaan untuk kemaslahatan umat, sebagaimana diajarkan oleh Hadratussyaikh KH. M. Hasyim Asy'ari.

Kedua, Pesantren Tebuireng tidak pernah terlibat politik praktis, termasuk memberikan dukungan terbuka dalam kontestasi pemilihan presiden dan wakil presiden.

Ketiga, Pesantren Tebuireng tetap dalam posisi netral dan tidak berpihak dalam Kontestasi Pilpres 2024 dalam rangka menjaga persatuan dan semangat ukhuwah.

Keempat, Pesantren Tebuireng senantiasa menerima dan menghormati tamu yang bersilaturahim sesuai dengan tuntunan ajaran Islam.

Dan terakhir yakni adanya kegiatan "pemberian dukungan" terhadap salah satu Paslon Pilpres 2024 di acara "Mudzakarah Indonesia Maju" yang diadakan di lokasi parkir KMGD (di luar kawasan Pesantren Tebuireng) tidak mewakili sikap kelembagaan Pesantren Tebuireng, melainkan merupakan sikap personal.

Surat pernyataan tersebut juga ditandatangani oleh Pengasuh Ponpes Tebuireng KH. Abdul Hakim Machfudz. Surat tersebut seolah membantah bahwa Ponpes Tebuireng mendukung salah satu Paslon.

Sebelumnya, ramai diberitakan bahwa Ponpes Tebuireng mendukung salah satu Paslon Pilpres 2024.

Tak tanggung-tanggung, dukungan Pesantren Tebuireng, Jombang tersebut disampaikan langsung oleh dzurriyah atau keturunan dari K.H. Hasyim Asy’ari, yang merupakan pendiri pesantren tersebut, yakni Gus Irfan Yusuf, Gus Billy Wahid, Gus Yusuf Adnan Kikin dan Gus Ivan Fahmi dalam acara Maklumat Tebuireng di pesantren tersebut.

"Mengajak semua pihak untuk menggunakan hak pilih pada Pemilu 14 Februari 2024. Dengan mendukung pasangan Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka sebagai Presiden dan Wakil Presiden Indonesia 2024-2029,” kata perwakilan dari Pesantren Tebuireng, Jombang, Gus Ivan di Jombang, Selasa (6/2/2024).

Gus Ivan mengatakan dukungan itu merupakan maklumat. Ia berharap maklumat dukungan Pesantren Tebuireng, Jombang pada Prabowo-Gibran itu agar diikuti oleh para santri dan alumni.

"Demikian maklumat ini disampaikan agar menjadi panduan bagi para santri, alumni dan masyarakat umum," ujarnya seperti dikutip dari Antara. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Irfan Anshori
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES