Peristiwa Daerah

Rangkaian Hari Pers Nasional ke-78, PWI Malang Raya Ziarah di Makam Jurnalis

Kamis, 08 Februari 2024 - 16:59 | 23.05k
Sejumlah anggota PWI Malang Raya saat menggelar ziarah ke makam senior jurnalis jelang HPN dan HUT PWI Malang Raya ke-78. (Foto: Dok. PWI Malang Raya/TIMES Indonesia)
Sejumlah anggota PWI Malang Raya saat menggelar ziarah ke makam senior jurnalis jelang HPN dan HUT PWI Malang Raya ke-78. (Foto: Dok. PWI Malang Raya/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, MALANG – Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Malang Raya menggelar ziarah ke makam sejumlah jurnalis senior yang telah berpulang. Kegiatan ini sebagai rangkaian acara Hari Pers Nasional (HPN) sekaligus HUT ke-78 PWI yang digelar pada 9 Februari 2024 besok.

Ketua PWI Malang Raya, Cahyono memimpin ziarah yang rutin digelar setiap tahun itu. Setidaknya ada 5 makam jurnalis senior di Malang yang menjadi sasaran ziarah, yakni di TPU Samaan, TPU Ngujil, TPU Lesanpuro Kota Malang dan TPU Sekarpuro Kabupaten Malang.

Setelah memanjatkan doa, para anggota PWI Malang Raya juga melakukan prosesi tabur bunga di makam jurnalis yang telah berpulang. 

"Semoga almarhum para wartawan senior di Malang Raya ini husnul khotimah dan ditempatkan yang terbaik di sisi Allah SWT," ujar Cahyono, Kamis (8/2/2024).

Rencananya, PWI Malang Raya juga akan menggelar peringatan Hari Pers Nasional (HPN) secara out door di Alun Alun Tugu Kota Malang pada 9 Februari 2024 besok.

Sejumlah-anggota-PWI-Malang-Raya-a.jpg

"Alun Alun Tugu ini kami pilih sebagai lokasi karena merupakan ikon bersejarah di Kota Malang. Terlebih, monumen tugu yang ada di Alun Alun ini dahulu diresmikan oleh Presiden RI pertama, Ir Soekarno pada 1953," ungkapnya.

Dalam acara tersebut, PWI Malang Raya juga akan melakukan penyerahan penghargaan kepada tokoh peduli pers di Malang Raya. Kemudian dilanjutkan deklarasi pemilu damai dan pelepasan 110 burung merpati bersama Forkopimda Malang Raya.

Pelepasan 110 burung merpati itu menandakan simbol untuk menyambut HUT Kota Malang ke-110 yang jatuh pada 1 April 2024 mendatang. 

"Pelepasan burung merpati ini sebagai simbol pemilu damai. Lalu jumlah 110 burung merpati itu sesuai dengan HUT Kota Malang ke-110," tandasnya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ferry Agusta Satrio
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES