Peristiwa Daerah

Wali Kota Gorontalo: KPPS Harus Jaga Kesehatan

Jumat, 09 Februari 2024 - 19:14 | 17.83k
Wali Kota Gorontalo Marten Taha menghadiri kegiatan senam sehat bersama petugas Pemilu di Kota Gorontalo, Jumat (9/2/2024)  pagi di Lapangan Taruna Remaja. (Foto: Humas Pemkot Gorontalo forTIMES Indonesia)
Wali Kota Gorontalo Marten Taha menghadiri kegiatan senam sehat bersama petugas Pemilu di Kota Gorontalo, Jumat (9/2/2024) pagi di Lapangan Taruna Remaja. (Foto: Humas Pemkot Gorontalo forTIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, GORONTALOWali Kota Gorontalo Marten Taha berharap kesehatan kelompok penyelenggara pemungutan suara (KPPS) bisa dijaga dengan baik sampai pada Pemilu 2024 dilaksanakan pada 14 Februari mendatang.

Marten tak ingin kejadian pada pesta demokrasi tahun 2019 kembali terjadi. Yaitu, banyak nyawa warga yang bertugas sebagai KPPS melayang lantaran kelelahan.

Hal itu disampaikan Marten Taha saat menghadiri kegiatan senam sehat bersama petugas Pemilu di Kota Gorontalo, Jumat (9/2/2024) pagi, di Lapangan Taruna Remaja. 

"Tahun 2019 kita semua sudah tahu, banyak petugas KPPS yang mengalami kelelahan sampai berakibat fatal meninggalnya begitu banyak manusia. Saya tidak mau ini kembali terjadi," kata Marten.

Untuk itu, Marten mengingatkan kepada seluruh warga Kota Gorontalo yang menjadi KPPS agar dapat menjaga kesehatannya selama bertugas.

Sebagai pemerintah daerah, pihaknya siap untuk memberikan jaminan kesehatan kepada petugas KPPS. Terlebih, kata dia, petugas KPPS adalah warga Kota Gorontalo.

Bahkan, kata Marten, sebagian besar  KPPS adalah ASN dan tenaga penunjang kegiatan daerah (TPKD) yang bekerja di lingkungan Pemerintah Kota Gorontalo.

"Kami sendiri, siap untuk memberikan jaminan kesehatan sebagai bentuk tanggung jawab pemerintah daerah dalam mensukseskan penyelenggaraan pemilihan umum," tandasnya.

Ia menambahkan, jaminan kesehatan yang diberikan adalah menyiapkan fasilitas kesehatan. Dimana, di setiap kecamatan akan diturunkan dua unit mobil ambulance untuk mengontrol KPPS di TPS masing-masing.

 "Jadi sembilan kecamatan itu akan ada dua ambulance yang jalan mengontrol semua TPS. Bahkan mungkin saksi dari partai-partai politik kita berikan layanan untuk penanganan kesehatan,” ucapnya

Masih kata Marten, untuk keamanan Pemilu di Kota Gorontalo, dirinya tak ragu dengan pihak TNI dan Polri.

"Kalau keamanan ketertiban itu sudah, pak kapolres sudah full 100 persen membadani itu, dibackup oleh seluruh Forkopimda," kunci Wali Kota Gorotalo ini. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Hendarmono Al Sidarto
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES