Peristiwa Daerah

HPN 2024, PWI dan Forkopimda Malang Raya Gaungkan Pemilu Damai

Jumat, 09 Februari 2024 - 20:32 | 17.89k
Pelepasan burung merpati sebagai simbol Pemilu damai 2024 oleh Forkopimda Malang Raya dan PWI Malang Raya. (Foto: Humas Polresta Malang Raya)
Pelepasan burung merpati sebagai simbol Pemilu damai 2024 oleh Forkopimda Malang Raya dan PWI Malang Raya. (Foto: Humas Polresta Malang Raya)

TIMESINDONESIA, JAKARTAHari Pers Nasional (HPN) 2024 sekaligus peringatan HUT ke-78 Persatuan Wartawan Indonesia (PWI), PWI Malang Raya menggelar perayaan yang istimewa di area Alun-alun Tugu Malang. Acara ini dihadiri oleh seluruh jajaran Forkopimda Malang Raya dan perwakilan partai politik (parpol).

Sejumlah kegiatan dilaksanakan, termasuk pemberian piagam penghargaan 'Tokoh Peduli Pers' kepada Forkopimda Malang Raya. Para penerima penghargaan, mulai dari Kapolresta Malang Kota, Kapolres Batu, Kapolres Malang, Pj Wali Kota Malang, Pj Wali Kota Batu hingga Bupati Malang, menerima penghargaan ini sebagai pengakuan atas kepedulian mereka terhadap insan pers di seluruh Malang Raya.

"Alhamdulillah hari ini Forkopimda Malang Raya berkesempatan untuk hadir dalam acara ini. HPN kali ini kami kemas untuk menyerahkan piagam penghargaan pada seluruh Forkopimda Malang Raya, karena semua Forkopimda ini kami nilai sangat peduli dengan insan pers di seluruh Malang Raya," ujar Ketua PWI Malang Raya, Cahyono.

Ketua PWI Jatim, Lutfil Hakim, yang turut hadir dalam perayaan HPN ke-78, mengungkapkan kesan yang berkesan atas kehadiran semua pimpinan daerah dari 3 wilayah di Malang Raya.

HPN-di-Malang-Raya-a.jpg

"Saya kira ini mungkin satu-satunya di Indonesia, di mana 3 pemerintah daerah bersatu untuk memperingati HPN di hari ini. Terlebih ini juga bertepatan dengan hari libur, tapi semua Forkopimda bisa hadir dalam acara ini," ungkapnya.

Menurut Lutfil, ini menunjukkan bahwa Malang Raya merupakan satu kawasan yang tak bisa terpisahkan satu sama lain. Dalam kesempatan tersebut, sesuai dengan tema HPN 2024 'Mengawal Transisi Kepemimpinan Nasional dan Menjaga Keutuhan Bangsa', Lutfil juga mengajak insan pers di wilayah Malang Raya untuk turut mengawal penyelenggaraan pemilu 2024, agar terwujud pesta demokrasi yang berkualitas.

Selain pemberian penghargaan, sebagai wujud konsistensi dalam menggaungkan 'Pemilu Damai', bersama Forkopimda Malang Raya, para perwakilan Parpol, KPU bersama Bawaslu secara bersamaan menerbangkan 110 burung merpati sebagai simbol perdamaian.

"Sesudah pemilu, pers juga harus mengawal pemerintahan yang berkualitas, itulah pekerjaan besar yang harus diemban oleh insan pers Jatim khususnya Malang Raya," tegasnya.

HPN-di-Malang-Raya-b.jpg

Pj Wali Kota Malang, Wahyu Hidayat, juga menyampaikan selamat atas peringatan HPN 2024 sekaligus HUT ke-78 PWI. Dalam sambutannya, Wahyu berharap agar insan pers dapat semakin bersinergi dengan pemerintah dalam menjalankan pemerintahan.

"Harapannya dengan HPN ini juga akan mengingatkan kita bahwa insan pers merupakan mitra pemerintah untuk bersama mengawal pelaksanaan Pemilu serentak 2024. Melalui momentum HPN ini, mari kita tingkatkan profesionalisme dan independensi dalam membangun Indonesia yang lebih maju dan berdaulat," tandasnya.(*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Imadudin Muhammad
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES