Peristiwa Daerah

Kelenteng Eng An Kiong Malang Tiadakan Perayaan Cap Go Meh di Tahun Ini

Jumat, 09 Februari 2024 - 20:40 | 28.40k
Area depan Kelenteng Eng An Kiong Malang berhias lampion merah untuk menyambut Hari Raya Imlek, Jumat (9/2/2024). (Foto: Afifah Fitri Wahyuningtyas/TIMES Indonesia)
Area depan Kelenteng Eng An Kiong Malang berhias lampion merah untuk menyambut Hari Raya Imlek, Jumat (9/2/2024). (Foto: Afifah Fitri Wahyuningtyas/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, MALANGKelenteng Eng An Kiong meniadakan perayaan Cap Go Meh pada tahun baru Imlek 2024 (2575 Kongzili). 

“Soalnya bareng sama Pemilu,” ungkap karyawan Yayasan Kelenteng Eng A Kiong, Untung, Jumat (9/2/2024).

Ia mengatakan, peniadaan itu dilakukan atas imbauan dari pihak kepolisian demi menghindari situasi yang tidak kondusif. 

Meski begitu, Kelenteng yang berlokasi di Jalan R.E. Martadinata, Kedungkandang, Kota Malang tersebut tetap dipenuhi oleh masyarakat yang ingin sembahyang. Kelenteng ini memang menjadi salah satu tujuan tempat ibadah bagi umat Konghucu di Indonesia. 

Pengunjung tidak hanya berasal dari Kota Malang. Hari ini, terdapat beberapa kendaraan pengunjung dengan plat nomor dari daerah lain, seperti Surabaya, Gresik, Sidoarjo, Jakarta, bahkan Bandung. Kelenteng  akan ramai mulai Jumat malam ini.

“Kalau mulai nanti malam (orang) sembahyang ramai sampai besok siang,” ungkap Ngadiman, sekuriti kelenteng yang hafal dengan pola dan kebiasaan ibadah warga di Kelenteng En An Kiong.

Pada hari Sabtu besok (10/2/2024), ibadah akan dimulai pukul 10 pagi.  MAsyarakat yang akan bersembahyang diimbau datang pada pukul 09.30 WIB sehingga ibadah bersama bisa dimulai tepat pukul 10.00 WIB. Aktivitas tersebut akan diamankan oleh pihak polsek Kedungkandang, Koramil, Babinsa, dan tim keamanan yayasan kelenteng. 

Tentang Cap Go Meh

Perayaan Cap Go Meh diadakan pada malam ke-15 setelah Tahun Baru Imlek. Pada tanggal tersebut terjadi bulan purnama pertama sekaligus menandai berakhirnya tahun baru Imlek.

Cap Go Meh juga sering disebut Festival Lentera karena pada hari tersebut orang-orang memasang lentera di rumah mereka. Cap Go Meh adalah salah satu momen Imlek yang paling dinanti oleh khalayak.

Di Indonesia, Cap Go Meh dirayakan dengan berbagai cara, antara lain menampilkan pertunjukan barongsai, pawai dan festival, atraksi tatung, menghias rumah, dan menikmati hidangan khas seperti kue keranjang dan Lontong Cap Go Meh. 

Di Kelenteng Eng An Kiong sendiri, pada tahun-tahun sebelumnya perayaan Cap Go Meh dimeriahkan dengan bazar dan pertunjukan Barongsai yang dibuka untuk umum, melibatkan pengamanan dari pihak Polres. Sayangnya, tahun ini perayaan tersebut harus ditiadakan demi kenyamanan dan keamanan Pemilu 2024. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES