Peristiwa Daerah

Apel Siaga Pemilu 2024, Bawaslu Kota Probolinggo: Ketenangan dan Kebijakan Kunci Utama

Minggu, 11 Februari 2024 - 15:31 | 16.43k
Masa tenang, ditandai dengan pelepasan burung merpati oleh Ketua Bawaslu, Ketua KPu, Kapolres Probolinggo Kota, Dandim 0820 Probolinggo dan Pj Wali Kota Probolinggo, dalam Apel Pengawasan Pemilu 2024 (Foto : Sri Hartini/ For TIMES Indonesia)
Masa tenang, ditandai dengan pelepasan burung merpati oleh Ketua Bawaslu, Ketua KPu, Kapolres Probolinggo Kota, Dandim 0820 Probolinggo dan Pj Wali Kota Probolinggo, dalam Apel Pengawasan Pemilu 2024 (Foto : Sri Hartini/ For TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, PROBOLINGGOBawaslu Kota Probolinggo menggelar Apel Siaga Pemilu 2024 pada Minggu (11/02/2024) di Alun-alun, sisi utara Jalan KH Mansyur, diikuti oleh semua Pengawas Pemilu Kecamatan (PPK) dan Pengawas Tempat Pemungutan Suara (PTPS) di Kota Probolinggo.

Pukul 07.30 waktu setempat, Apel Siaga dimulai. Bertindak sebagai pembina, Ketua Bawaslu Kota Probolinggo Johan Dwi Angga.

Dalam amanatnya, Johan menyampaikan, di hari pertama masa tenang, ketenangan dan kebijaksanaan menjadi kunci kelancaran proses pemilu.

"Ketenangan dan kebijakan menjadi kunci bagi kelancaran proses pemilu, jadi kita harus bisa buktikan Kota Probolinggo aman dan kondusif selama Pemilu," kata Johan.

Setelah apel, Bawaslu bersama PPK dan PTPS akan melakukan pembersihan atribut kampanye di Kecamatan dan lingkungan TPS masing-masing untuk menjaga ketenangan masyarakat.

Dalam apel siaga tersebut, dilakukan juga pelepasan burung merpati oleh Ketua Bawaslu dan komisioner, Ketua KPU, Kapolres, Dandim, dan PJ Wali Kota Probolinggo.

PJ Wali Kota Probolinggo Nurkholis menyampaikan harapan agar Kota Probolinggo aman saat hari pencoblosan nanti.

Apel-Siaga-Pemilu-2024-Bawaslu-Kota-Probolinggo-a.jpg Apel Siaga Pemilu 2024, Digelar Bawaslu Kota Probolinggo. (Foto : Sri Hartini/ For TIMES Indonesia)

"Kota Probolinggo secara umum jelang pencoblosan, aman dan kondusif. Itu yang harus dijaga," ujar Nurkholis.

Sebagai wujud pengamanan jelang hari pencoblosan, Polres Probolinggo juga telah melakukan pengamanan dan pemetaan daerah kerawanan.

"Untuk Kota Probolinggo, masuk dalam kategori tidak rawan," ujar Kapolres Probolinggo, AKBP Wadi Sa'bani S.H. S.I.K.

Pada hari pencoblosan nanti, Polres Probolinggo kota akan menerjunkan personilnya di masing-masing TPS. Hal yang sama dilakukan oleh Kodim 0820 Probolinggo.

Dandim 0820 Probolinggo Letkol Arm Heri Budiasto menyampaikan, untuk wilayah Probolinggo Raya, pihaknya akan menerjunkan kurang lebih 589 personil untuk membackup Polri dan KPU dalam pemilu nanti.

Sebelumnya, pada pukul 00.30 waktu setempat, KPU, Bawaslu, jajaran Pemkot Probolinggo, dan aparat keamanan gabungan (TNI dan Polri) bergerak ke jalan protokol, Jalan Panglima Sudirman.

PJ Walikota Probolinggo, Nurkholis ikut membersihkan APK di kawasan Randupangger, Kota Probolinggo. (d)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Redaksi
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES