Peristiwa Daerah

Antisipasi Hujan, KPU Bantul Distribusikan Logistik Pemilu Gunakan Truk Boks

Minggu, 11 Februari 2024 - 21:37 | 17.49k
Proses pengiriman logistik pemilu 2024 di halaman Kantor KPU Bantul (FOTO: Edis /TIMES Indonesia)
Proses pengiriman logistik pemilu 2024 di halaman Kantor KPU Bantul (FOTO: Edis /TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, BANTULKPU Kabupaten Bantul mulai melakukan pengiriman logistik pemilu 2024 ke 75 desa yang tersebar di 17 kecamatan se Kabupaten Bantul.

Kegiatan pendistribusian logistik yang menggunakan 18 armada truk boks itu secara resmi dilepas oleh Ketua KPU Bantul Joko Santosa pada Minggu (11/2/2024) di halaman Kantor KPU Bantul Jalan Wahid Hasyim, Sumuran, Palbapang, Bantul.

Ketua KPU Bantul, Joko Santosa mengatakan, kegiatan pendistribusian logistik pemilu yang dikawal ketat oleh petugas kepolisian tersebut dimulai hari ini, Minggu (11/2) dan ditargetkan tuntas sampai H -1 atau pada Selasa (13/2/2024). 

pengiriman-logistik-pemilu96ff152c70dd55db.jpg

Pengiriman logistik pemilu ini per hari memakai 18 armada truk boks yang difasilitasi oleh PT Pos Indonesia. Hal ini guna mengantispasi apabila terjadi hujan.

Ia mengungkapkan untuk perdana ini pengiriman logistik Pemilu menyasar desa yang terjauh, yang tersebar di Kecamatan Dlingo, Banguntapan, Sedayu dan Sewon. 

Desa-desa di wilayah kecamatan tersebut didahulukan karena KPU mempertimbangkan jumlah TPS yang begitu besar dan jarak tempuh yang jauh.

Pasalnya,  berdasarkan hasil evaluasi pada Pemilu 2019, pendistribusian jika dilakukan H-1, ternyata memakan waktu hingga larut bahkan sampai subuh. Oleh karena itu, pihaknya mengambil kebijakan, untuk mendahulukan pengiriman ke wilayah tersebut.

"Hari ini (pendistribusian) di mulai di Kalurahan/Kapanewon yang paling jauh. Pertimbangan karena jumlah TPS yang besar. Karena belajar di 2019, kayak Banguntapan H+1 selesai mendistribusikan ke TPS sampai dini hari bahkan sampai subuh," ungkap Joko Santosa. 

"Sehingga kita harus mengubah pola 2019 itu dari yang terjauh kemudian dengan ditambah jumlah TPS terbanyak sehingga target kami nanti hari Selasa (12/2) itu sudah selesai," tandas Joko ditemui awak media di ruang kerjanya di Kantor Bawaslu Bantul.

Lebih lanjut pada Senin (12/2), pengiriman logistik Pemilu ke desa yang tersebar di wilayah Kecamatan Pleret, Jetis, Piyungan, Imogiri, Pundong, Kretek, Pandak dan Pajangan. Kemudian di H-1 atau Selasa (12/2) pengiriman logistik pemilu ke desa yang tersebar di wilayah Kecamatan Srandakan, Bantul, Bambanglipuro, dan Sanden.

Ia mengungkapkan logistik pemilu di setiap TPS itu diantaranya berisi 5 buah kotak suara, 4 buah bilik suara, serta alat kelengkapan seperti tanda pengenal, spidol, alat pencoblosan dan lain sebagainya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Irfan Anshori
Publisher : Sofyan Saqi Futaki

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES