Peristiwa Daerah

Menteri Hadi Tjahjanto Bagikan Sertifikat Tanah di Serang

Selasa, 13 Februari 2024 - 16:16 | 12.92k
Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN), Hadi Tjahjanto. (FOTO: Dokumen Kementerian ATR/BPN)
Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN), Hadi Tjahjanto. (FOTO: Dokumen Kementerian ATR/BPN)

TIMESINDONESIA, SERANG – Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN), Hadi Tjahjanto membagikan sebanyak 40 sertifikat tanah secara langsung kepada masyarakat Desa Grogol Indah, Kecamatan Anyar, Kabupaten Serang, Provinsi Banten, Selasa (13/02/2024). 10 sertifikat dibagikan secara door to door dan 30 sertifikat lainnya dibagikan secara ngariung atau berkumpul bersama warga setempat.

Ia menjelaskan, sertifikat yang dibagikan ke masyarakat bukan hanya memberikan kepastian hukum hak atas tanah, tetapi juga menjadi bukti bahwa pemerintah terus mewujudkan sila kelima Pancasila, yaitu Keadilan Sosial bagi Seluruh Rakyat Indonesia. 

"Saya yakin (sertifikat) ini bisa berhasil untuk kesejahteraan rakyat. Ini adalah bukti mewujudkan keadilan sosial," kata Hadi kepada media.

Adapun progres pendaftaran tanah di Kabupaten Serang sendiri, hingga saat ini telah mencapai 78,45% atau sebanyak 473.584 bidang dari estimasi jumlah bidang tanah 603.643 bidang. 

Sementara itu, jumlah bidang tanah yang telah bersertipikat sejumlah 374.959 bidang. "Kemudian target tahun ini Kabupaten Serang mendapatkan alokasi 46.000 sertifikat," ungkap Menteri ATR/Kepala BPN.

"Kalau kita kalkulasi, artinya tahun 2024 ini bidang tanah di Kabupaten Serang belum semuanya terdaftar. Kami harapkan di 2025 semuanya sudah terdaftar," jelasnya.

Dari capaian tersebut, ia mengklaim telah terjadi penambahan nilai ekonomi di Kabupaten Serang sebanyak Rp6,11 triliun yang beredar di masyarakat Kabupaten Serang. "Kita bisa melihat dari indikasi itu bahwa pertumbuhan ekonomi di Kabupaten Serang bagus, terus berkembang," katanya.

"Itu lah sebabnya kita memberikan target-target untuk masyarakat khususnya di pedesaan apalagi masyarakat yang bisa mengembangkan bisnisnya di UMKM kita berikan sertifikat. Mudah-mudahan mereka gunakan untuk modal, untuk meningkatkan perekonomian," ujarnya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ferry Agusta Satrio
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES