Peristiwa Daerah

Relawan MLH Lakukan Aksi Penghijauan di Kawasan Pantai Ngudel Gedangan

Minggu, 25 Februari 2024 - 17:25 | 32.28k
Penyerahan simbolis bibit pohon sebelum ditanam dari relawan MLH PDM Kabupaten Malang, kepada perwakilan dari Lembaga Kemitraan Desa Hutan, selaku pengelola kawasan wisata Pantai Ngudel, Gedangan, Kabupaten Malang, Minggu (25/2/2024).
Penyerahan simbolis bibit pohon sebelum ditanam dari relawan MLH PDM Kabupaten Malang, kepada perwakilan dari Lembaga Kemitraan Desa Hutan, selaku pengelola kawasan wisata Pantai Ngudel, Gedangan, Kabupaten Malang, Minggu (25/2/2024).

TIMESINDONESIA, MALANG – Kegiatan penanaman pohon penghijuan dilakukan sejumlah relawan dari Majelis Lingkungan Hidup (MLH) Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Kabupaten Malang, di kawasan Pantai Ngudel Gedangan, Kabupaten Malang, Minggu (25/2/2024). 

Kegiatan penghijauan ini bekerja sama dengan pengelola wisata Pantai Ngudel, yang masih merupakan kawasan Perhutani. 

"Bibit pohon yang ditanam dua jenis, yaitu pohon nangka sejumlah 120 bibit dan pohon pule sebanyak 10 bibit," terang salah seorang pegiat MLH PDM Kabupaten Malang yang ikut aksi penghijauan, Sukamto, Minggu (24/2/2024). 

Dalam penghijauan ini, bibit pohon ditanam mulai pintu gerbang masuk wisata pantai Ngudel dengan jarak tanam 6 meter. Penanaman pohon ini dilakukan di sisi barat jalan masuk pantai Ngudel.

Sementara, untuk sisi timur jalan rencananya akan ditanami bunga sakura dan puring. 

"Saat ini masih proses pembibitan untuk bunga sakura dan puring, satu bulan lagi akan dilanjutkan dengan penanaman bunga tersebut.

Dalam kegiatan ini, diikuti sejumlah pengurus MLH PDM Kabupaten Malang, diantaranya Wagimin, Muhammad Syahri, Slamet, Sukamto sendiri. Sedangkan, dari pihak kawasan setempat, juga turut hadir dari LKDH (Lembaga Kemitraan Desa Hutan), yang diwakili Sukiyanto. 

"Kegiatan ini wujud dakwah penyelamatan lingkungan hidup dari pemanasan global, longsor, juga sedekah oksigen. Malalui tanam pohon ini kami mengajak kesadaran masyarakat dalam menjaga kelangsungan hidup yang tetap ramah lingkungan," demikian Sukamto. 

Kawasan Pantai Ngudel sendiri terletak di Desa Sindurejo Kecamatan Gedangan. Sejak akses menuju kawasan pantai ini dibuka pada akhir 2014 lalu, kini Pantai Ngudel sudah bisa dikunjungi wisatawan dengan menggunakan kendaraan roda empat sampai di bibir pantai. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Irfan Anshori
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES