Peristiwa Daerah

Rekapitulasi Tingkat Kota Probolinggo Rampung, Capres 02 Ungguli Dua Paslon Lain

Rabu, 28 Februari 2024 - 06:44 | 51.83k
KPU Kota Probolinggo serahkan berkas hasil rekapitulasi Pilpres tingkat kota pada para saksi. (FOTO: Rizky Putra Dinasti/TIMES Indonesia)
KPU Kota Probolinggo serahkan berkas hasil rekapitulasi Pilpres tingkat kota pada para saksi. (FOTO: Rizky Putra Dinasti/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, PROBOLINGGO – Akhirnya rekapitulasi di Kota Probolinggo rampung. Rekapitulasi tingkat kota yang dilaksanakan mulai Senin (26/2/2024) siang hingga Selasa (27/2/2024) pukul 21.30 di Bale Hingil, Kota Probolinggo  berakhir dengan aman.

Dari formulir D hasil tingkat kota, pasangan calon nomor urut 02 Prabowo-Gibran unggul dibandingkan pasangan calon lainnya dalam Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden (PPWP). 

Hasil rekapitulasi dari total lima kecamatan se-Kota Probolinggo menunjukkan pasangan calon nomor urut 01 Anies-Amien meraih 26.540 suara.

Kemudian, pasanganon nomor urut 02 Prabowo-Gibran memperoleh 105.023 suara, sedangkan pasangan calon no urut 03 Ganjar-Mahfud memperoleh 19.943 suara.

Jumlah total suara sah adalah 151.506 suara, sedangkan suara tidak sah sebanyak 4.741 suara.

Selain itu, dari tiga saksi dalam formulir D hasil tingkat kota, Saksi Paslon 03 Ganjar-Mahfud tidak menandatangani hasil tersebut.

Berdasarkan data yang dihimpun TIMES Indonesia, tidak adanya tanda tangan saksi dalam PPWP tersebut sesuai instruksi dari Tim Kemenangan Nasional (TKN) Paslon 03.

Ketua KPU Kota Probolinggo Ahmad Hudri menjelaskan, terkait dengan persoalan saksi yang tidak menandatangani, hal tersebut merupakan hak dan kewenangan dari saksi tersebut. 

Hal tersebut diperbolehkan. Namun, akan dicatat dalam formulir D hasil tingkat kota pada tabel kejadian khusus

"Jadi, misalkan tidak tandatangan karena tidak suka, atau karena alasan apapun itu, maka boleh saja. Nantinya akan dicatat dalam kejadian khusus," kata Hudri, Selasa (27/2/2024) malam dalam rapat pleno rekapitulasi tingkat kota. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Sofyan Saqi Futaki

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES