Peristiwa Daerah

Kantor Perwakilan BI Tasikmalaya Gelar Program SERAMBI 2024

Kamis, 21 Maret 2024 - 18:15 | 18.50k
Seorang warga saat memperlihatkan uang baru di acara Semarak Rupiah Ramadan dan Idulfitri (SERAMBI) 2024 dengan tema (FOTO: Harniwan Obech/TIMES Indonesia)  
Seorang warga saat memperlihatkan uang baru di acara Semarak Rupiah Ramadan dan Idulfitri (SERAMBI) 2024 dengan tema (FOTO: Harniwan Obech/TIMES Indonesia)  

TIMESINDONESIA, TASIKMALAYA – Kantor Perwakilan Bank Indonesia atau BI Tasikmalaya bersama dengan lembaga perbankan di wilayah Priangan Timur menggelar acara Semarak Rupiah Ramadan dan Idul Fitri (SERAMBI) 2024 dengan tema "Bijak Gunakan Rupiah di Bulan Penuh Berkah".

Acara ini digelar dalam rangka mengakomodasi kebutuhan masyarakat akan uang Rupiah dan memberikan layanan penukaran yang optimal selama bulan Ramadan dan Idulfitri 1445 H.

Dalam siaran persnya Bank Indonesia Tasikmalaya yang diterima TIMES Indonesia pada Kamis (21/3/2024) telah menyiapkan uang kartal sejumlah Rp1,97 triliun untuk mengantisipasi kebutuhan uang masyarakat.

Semarak-Rupiah-Ramadan-2.jpgSeorang warga saat memperlihatkan uang baru di acara Semarak Rupiah Ramadan dan Idulfitri (SERAMBI) 2024 dengan tema "Bijak Gunakan Rupiah di Bulan Penuh Berkah" di Kantor Bank Indonesia Perwakilan Tasikmalaya, Rabu (20/3/2024). (FOTO: Harniwan Obech/TIMES Indonesia)  

Program ini bertujuan untuk menyediakan uang Rupiah dalam jumlah yang cukup, pecahan yang sesuai, dan dalam kondisi layak edar bagi masyarakat.

Layanan penukaran akan tersedia di 101 titik layanan penukaran di loket bank dan kas keliling yang tersebar di seluruh wilayah Priangan Timur, dimulai dari tanggal 1 hingga 5 April 2024.

Selain titik layanan penukaran di perbankan, Bank Indonesia Tasikmalaya juga menyediakan opsi layanan penukaran uang melalui kas keliling yang akan dilaksanakan di 9 titik daerah di wilayah Priangan Timur.  

Untuk memudahkan proses penukaran, masyarakat disarankan untuk memesan penukaran melalui aplikasi PINTAR (Aplikasi Penukaran dan Tarik Uang Rupiah).

Event Kick-Off SERAMBI 2024 Priangan Timur merupakan bagian dari rangkaian kegiatan SERAMBI 2024 yang telah dilaksanakan oleh Kantor Pusat pada tanggal 15 Maret 2024. Acara Kick-Off ini juga diresmikan secara bersama-sama di Kantor Perwakilan Bank Indonesia se-Jawa Barat.

Kepala Perwakilan Bank Indonesia Tasikmalaya Aswin Kosotali, dalam sambutannya menyampaikan bahwa SERAMBI 2024 tidak hanya fokus pada layanan penukaran uang, tetapi juga menyelenggarakan kegiatan edukasi kepada masyarakat mengenai kebanksentralan, ORIS, serta sosialisasi Cinta, Bangga, & Paham Rupiah.

Selain itu, dilakukan sosialisasi mengenai Belanja dan Berdagang Bijak di bulan Ramadan. Kosotali menghimbau masyarakat untuk bijak membelanjakan uang sesuai kebutuhan sebagai bagian dari "upgrade" diri dalam bulan Ramadan dan Idulfitri.

Selain mendorong pengedaran uang yang layak edar, Bank Indonesia Tasikmalaya juga terus mendukung implementasi transaksi non-tunai guna mendukung percepatan Ekonomi Keuangan Digital (EKD) dan menciptakan transaksi pembayaran yang aman, cepat, dan efisien.

Beberapa inovasi transaksi non-tunai telah diciptakan, antara lain ORIS, BI-FAST, dan BI-SNAP (Standar Nasional Open API Pembayaran).

Aswin berharap dengan adanya SERAMBI 2024, BI Tasikmalaya akan terus berkomitmen untuk memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat selama bulan Ramadan dan Idulfitri serta terus mendorong penggunaan Rupiah secara bijak. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Sofyan Saqi Futaki

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES