Peristiwa Daerah

Bupati Banyuwangi Manfaatkan Momentum Ramadan untuk Mendorong Pembangunan dan Pemberdayaan Ekonomi

Sabtu, 23 Maret 2024 - 16:29 | 15.32k
Bupati Banyuwangi, Ipuk Fiestiandani, saat menggelar Safari Ramadan. (Foto: Laila Yasmin/TIMES Indonesia)
Bupati Banyuwangi, Ipuk Fiestiandani, saat menggelar Safari Ramadan. (Foto: Laila Yasmin/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, BANYUWANGI – Memasuki bulan suci Ramadan tahun ini, Bupati Banyuwangi, Ipuk Fiestiandani, kembali memanfaatkan momen bersejarah tersebut untuk mendekatkan diri dengan masyarakat serta menggalakkan pembangunan dan pemberdayaan ekonomi di wilayahnya.

Melalui kegiatan Safari Ramadan 1445 H, Bupati Ipuk memulai serangkaian kegiatan dengan mengunjungi berbagai desa untuk berbuka bersama dan salat tarawih berjamaah.

Pada pembukaan kegiatan di Masjid Al-Khoiriyah, Desa Bumiharjo, Kecamatan Glenmore, Bupati Ipuk, yang didampingi oleh sejumlah tokoh agama dan ormas keislaman, menyampaikan pentingnya silaturahmi dan komunikasi langsung dengan masyarakat.

Selain itu, ia juga memanfaatkan kesempatan tersebut untuk memperkenalkan serta mensosialisasikan program-program pemerintah yang tengah berjalan, serta mendengar langsung permasalahan yang dihadapi oleh masyarakat.

"Kami ingin bersilaturahmi dan bertemu langsung dengan masyarakat. Mensosialisasikan berbagai program yang saat ini sedang dijalankan, sekaligus juga mendengar serta menyelesaikan persoalan yang terjadi di tengah masyarakat," ungkap Bupati Ipuk, Sabtu (23/3/2024).

Salah satu fokus utama dari kegiatan Safari Ramadan ini adalah mengajak masyarakat untuk turut serta berperan aktif dalam menyukseskan program-program pemerintah, terutama dalam upaya mengentaskan kemiskinan ekstrem.

Ipuk menegaskan komitmennya untuk memberikan perhatian khusus terhadap warga yang kurang mampu, seperti warga sebatangkara dan anak-anak putus sekolah.

"Jika ada warga sebatang kara, segera laporkan kepada kami. Begitu pula jika ada anak yang putus sekolah. Tidak boleh ada anak di Banyuwangi yang tidak sekolah," tegas Ipuk.

Selain itu, dalam acara yang dirangkai dengan Bupati Ngantor di Desa (Bunga Desa), Bupati Ipuk juga menggarisbawahi pentingnya pembangunan infrastruktur jalan sebagai salah satu upaya meningkatkan aksesibilitas dan konektivitas di wilayah pedesaan.

Dia mengumumkan alokasi dana sebesar Rp1,9 miliar untuk pembangunan jalan pavingisasi di 21 titik di Desa Bumiharjo.

Kegiatan Safari Ramadan juga dilanjutkan dengan salat tarawih berjamaah di Masjid Nurul Rohiem di Desa Banyuanyar, Kalibaru, yang turut dihadiri oleh tokoh masyarakat dan warga setempat.

Selama bulan Ramadan, kegiatan ini akan terus dilaksanakan, sambil memberikan berbagai layanan publik seperti pengurusan KTP Digital dan cek kesehatan bagi warga yang hadir.

Dengan memanfaatkan momentum Ramadan, Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani terus berupaya untuk merangkul masyarakat dan mempercepat pembangunan serta pemberdayaan ekonomi di Banyuwangi. Aksi nyata tersebut menjadi bukti komitmen pemerintah daerah dalam meningkatkan kesejahteraan dan kualitas hidup masyarakat.(*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES