Peristiwa Daerah

Bertolak ke Bawean, Bupati Gresik Tinjau Dampak Gempa Bumi

Sabtu, 23 Maret 2024 - 21:47 | 20.34k
Bupati Gresik Fandi Akhmad Yani saat memberikan keterangan pers kepada media sebelum berangkat ke Bawean. (Foto: Akmal/TIMES Indonesia)
Bupati Gresik Fandi Akhmad Yani saat memberikan keterangan pers kepada media sebelum berangkat ke Bawean. (Foto: Akmal/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, GRESIKBupati Gresik Fandi Akhmad Yani bertolak ke Pulau Bawean untuk meninjau dampak gempa. Ia juga akan bertemu korban yang saat ini masih bertahan di tenda pengungsian.

Orang nomor satu di Pemkab Gresik ini membawa bantuan logistik yang dibutuhkan warga. Selain itu, Pemkab juga menerjunkan tim relawan serta kesehatan. 

Di Bawean, Bupati didampingi Kepala BPBD Gresik Sukardi dan Staf Ahli Bidang Fisik dan Prasarana Johar Gunawan. Mereka rapat koordinasi bersama stakeholder terkait.

"Malam ini rapat bersama BPBD, BNPB, dan BMKG di Bawean juga dengan Camat Sangkapura dan Tambak," kata Staf Ahli Bupati, Johar melalui keterangan tertulis pada Sabtu (23/3/2024).

Dampak-Gempa.jpg

Dia menyampaikan, selain bertemu dengan korban gempa, Bupati dijadwalkan akan meninjau dampak bencana gempa yang membuat ribuan rumah, tempat ibadah dan infrastruktur rusak.

"Pastinya masih dilaporkan saat ini masih rapat," terang Johar. 

Sementara itu, Kepala BPBD Kabupaten Gresik Sukardi telah mengeluarkan imbauan bagi masyarakat Gresik, utamanya di Pulau Bawean. 

Masyarakat diimbau untuk menghindari bangunan yang retak atau rusak diakibatkan oleh gempa. 

"Disamping itu, perlu dilakukan pemeriksaan guna memastikan bangunan tempat tinggal aman sebelum kembali dimasuki," ujarnya.

Sebagai informasi, Pulau Bawean, merupakan lokasi terdekat dengan titik episenter gempa bumi. Di tempat itu, gempa bumi dirasakan dengan skala intensitas III-IV MMI. 

Artinya, jika berlangsung pada siang hari, akan dirasakan oleh orang banyak dalam rumah. Gempa bumi susulan juga terus terjadi, hingga pukul 16.00 tercatat 10 kali gempa susulan dengan magnitudo beragam.

Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa bumi di Bawean Gresik terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat adanya aktivitas sesar aktif di laut Jawa. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Hendarmono Al Sidarto
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES