Peristiwa Daerah

Tips Mudik Aman Menjelang Lebaran ala Dandim 0812 Lamongan

Kamis, 04 April 2024 - 09:15 | 14.50k
Dandim 0812 Lamongan Letkol Arm Ketut Wira Purbawan. (Foto: Syarifah Latowa/Times Indonesia)
Dandim 0812 Lamongan Letkol Arm Ketut Wira Purbawan. (Foto: Syarifah Latowa/Times Indonesia)

TIMESINDONESIA, SURABAYAMudik Lebaran merupakan tradisi tahunan yang dinantikan oleh banyak orang di Indonesia untuk berkumpul dengan keluarga di kampung halaman. Namun, perjalanan mudik juga kerap diiringi dengan risiko dan tantangan, seperti kemacetan, kecelakaan, dan kelelahan akibat perjalanan yang jauh. 

Untuk memberikan panduan yang berguna bagi masyarakat yang akan melakukan perjalanan mudik, Dandim 0812 Lamongan, Letkol Arm Ketut Wira Purbawan, membagikan tips mudik aman yang perlu diperhatikan menjelang Lebaran.

Menurut Letkol Arm Ketut Wira Purbawan, ada beberapa hal yang harus dipersiapkan dan diperhatikan agar perjalanan mudik bisa berjalan lancar dan aman. Berikut adalah tips mudik aman ala Dandim Lamongan:

1. Persiapkan Kendaraan dengan Baik
Sebelum memulai perjalanan mudik, pastikan kendaraan dalam kondisi prima. Periksa rem, lampu, ban, dan perlengkapan darurat lainnya. Melakukan servis kendaraan beberapa hari sebelum berangkat adalah langkah yang bijaksana untuk menghindari masalah di tengah perjalanan.

2. Rencanakan Waktu Perjalanan
Perencanaan waktu perjalanan sangat penting. Pilih waktu berangkat yang tepat untuk menghindari kemacetan lalu lintas di jalan raya. Dengan merencanakan waktu perjalanan dengan baik, Anda dapat mengurangi stres dan risiko kelelahan saat dalam perjalanan.

3. Istirahat Secukupnya
Saat melakukan perjalanan jauh, penting untuk mengambil istirahat yang cukup. Istirahat secara berkala akan membantu menjaga konsentrasi dan menurunkan risiko kelelahan saat berkendara. Jaga kebugaran fisik dan mental Anda selama perjalanan.

4. Hindari Mengemudi Saat Lelah atau Mengantuk
Jika Anda merasa lelah atau mengantuk saat berkendara, segera berhenti dan beristirahat sejenak. Kecelakaan sering terjadi akibat kelelahan atau mengantuk di balik kemudi. Keselamatan Anda dan penumpang harus menjadi prioritas utama.

5. Patuhi Aturan Lalu Lintas
Selalu patuhi aturan lalu lintas selama perjalanan mudik. Hindari berkendara terlalu cepat dan selalu ikuti rambu-rambu lalu lintas yang ada. Prioritaskan keselamatan Anda dan orang lain di jalan.

6. Berkomunikasi dengan Keluarga
Jangan lupa untuk memberitahu keluarga atau teman tentang rute perjalanan Anda dan perkiraan waktu kedatangan. Selalu berkomunikasi selama perjalanan untuk memastikan bahwa semuanya berjalan lancar dan aman.

7. Pastikan rumah terkunci dengan baik sebelum meninggalkannya untuk mudik.
Amankan barang-barang berharga di tempat yang aman dan terkunci rapat.

8. Periksa dan pastikan air, gas, serta listrik dalam keadaan aman sebelum berangkat agar tidak ada risiko kebocoran atau gangguan saat mudik.

Dengan memastikan hal-hal tersebut, Anda dapat lebih fokus dan tenang saat mudik serta liburan lebaran, tanpa khawatirkan hal-hal yang ditinggalkan di rumah.

Dandim Lamongan, Letkol Arm Ketut Wira Purbawan, menekankan pentingnya persiapan dan kewaspadaan dalam perjalanan mudik menjelang Lebaran. 

Dengan mengikuti tips mudik aman di atas, diharapkan masyarakat dapat menjalani mudik dengan nyaman, aman, dan tanpa masalah. Semoga tips ini bermanfaat bagi semua pemudik yang merayakan Lebaran di kampung halaman. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES