Peristiwa Daerah

15 Julukan Kota Malang, Nomor 5 Didapat dari Netizen

Sabtu, 13 April 2024 - 11:25 | 48.11k
Alun-Alun Tugu Kota Malang. (Foto: Dok TIMES Indonesia)
Alun-Alun Tugu Kota Malang. (Foto: Dok TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, MALANG – Kota Malang merupakan salah satu kota di Indonesia yang memiliki banyak keistimewaan. Keistimewaan tersebut yang membuat Kota Malang terkenal dengan berbagai macam julukan.

Berikut 15 julukan yang dimiliki Kota Malang.

1. Paris Of Java

Kota Malang mempunyai alam yang sangat indah dengan berbagai alasannya. Contohnya, Kota Malang dikelilingi gunung-gunung. Gunung Arjuno di sebelah utara, Gunung Semeru di sebelah timur, Gunung Kawi dan Gunung Panderman di sebelah barat, serta Gunung Kelud di sebelah selatan.

Dengan banyaknya pegunungan tersebut, Kota Malang memiliki iklim yang sejuk. Kondisi iklim Kota Malang tercatat rata-rata suhu udara berkisar antara 22,7°C – 25,1°C.

Selain itu, Kota Malang merupakan salah satu kota yang bersih dan tertata bagus. Alasan itulah yang membuat Kota Malang disebut kota “Paris” nya Jawa.

2. Kota Wisata

Selain alam yang sangat indah, Kota Malang juga memiliki fasilitas wisata yang memadai.

Kota Malang mempunyai banyak destinasi wisata, baik yang ada di wilayah Kota Malang maupun wilayah regional Malang Raya yakni Kabupaten Malang dan Kota Batu.

Ada wisata kuliner, heritage, kampung tematik, taman kota, religi dan lain sebagainya yang begitu beragam di Kota Malang.

Posisinya yang strategis di tengah Malang Raya juga menjadi daya tarik wisatawan karena memudahkan menjangkau destinasi wisata alam, di antaranya pantai, Gunung Bromo, air terjun, dan berbagai wisata buatan theme park yang ada di Malang Raya.

3. Kota Pendidikan

Kota Malang memiliki 5 Perguruan Tinggi Negeri, yakni Universitas Brawijaya Malang (UB), Universitas Negeri Malang (UM), Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim (UIN Maliki) Malang, Politeknik Negeri Malang (Polinema), Politeknik Kesehatan Kemenkes Malang, dan Politeknik Pembangunan Pertanian Malang.

Selain itu, ada puluhan perguruan tinggi swasta di Kota Malang. Beberapa di antaranya, Universitas Islam Malang (Unisma), Universitas Muhammadiyah Malang (UMM), dan Universitas Merdeka (Unmer).

Lebih dari 300 ribu mahasiswa dari berbagai penjuru Nusantara untuk menempuh pendidikan di Kota Malang dan menjadikannya salah satu kota pendidikan terpenting di Indonesia bagian timur.

4. Kota Industri Jasa dan Ekonomi Kreatif

Pada awal berdirinya kotapraja hingga era 80-an Kota Malang memiliki banyak industri sehingga lekat dengan julukan Kota Industri.  Perlahan namun pasti, seiring perkembangan struktur dan pola ruang dalam konstelasi regional, tren industri bergeser ke sektor perdagangan dan jasa.  Dalam dekade terakhir selaras dengan potensi sumber daya manusia yang terus mengemuka, ekosistem industri kreatif menjadi sektor baru yang tumbuh pesat dan digadang-gadang menjadi lokomotif penggerak masa depan ekonomi kota.

5. Kota Peristirahatan

Suasana Kota yang damai sangat sesuai untuk beristirahat, terutama bagi orang dari luar kota Malang. Baik sebagai turis maupun dalam rangka mengunjungi keluarga/famili.

Banyak pula orang yang memilih menghabiskan masa tua di Kota Malang dengan alasan yang sama.

6. Kota Sejarah

Berbagai catatan sejarah termasuk prasasti menjadi bukti kisah panjang Kota Malang.  Mulai dari peranannya dalam perkembangan kerajaan-kerajaan besar, seperti Singosari, Kediri, Mojopahit, Demak, dan Mataram. Hingga era kolonial, era kemerdekaan hingga pasca kemerdekaan.

Pada awal kemerdekaan Republik Kota Malang tercatat masuk nominasi akan dijadikan Ibukota Negara Republik Indonesia.

Maka tak pelak Kota Malang pun memiliki banyak peninggalan sejarah serta cagar budaya baik yang berbentuk bangunan maupun non bangunan.

Di antara bangunan bersejarah yang masih dapat disaksikan hingga saat ini adalah Alun-Alun dan Tugu Kemerdekaan, Gedung Balai Kota, Gereja Hati Kudus Kayutangan, Gereja Ijen, Stasiun Kota Baru, Bangunan Kembar Rajabali, Jembatan Kahuripan dan Majapahit, Rumah Makan Oen, Gedung Bank Indonesia, dan masih banyak lagi.

Pemerintah Kota Malang terus melakukan upaya perlindungan cagar budaya, diantaranya dengan menetapkan Peraturan Daerah nomor 1 tahun 2018 tentang Cagar Budaya Kota Malang.  Sebanyak 32 bangunan juga sudah ditetapkan sebagai cagar budaya yang tidak boleh diubah begitu saja demi pembelajaran bagi generasi masa kini dan masa depan.

7. Kota Bunga

Julukan Malang Kota Bunga erat kaitannya dengan banyaknya taman dan ragam pepohonan yang menghiasi Kota Malang.  Hal ini tidak lepas dari konsep rancangan kota taman yang diwariskan Thomas Karsten.  Salah satu yang terindah adalah Taman Alun-Alun Tugu yang sempat secara berturut-turut meraih predikat taman kota terbaik nasional di awal dekade 2010-an.  Di tengah perkembangan kota, upaya menjaga keindahan taman terus diperjuangkan Pemerintah Kota Malang diantaranya dengan Revitalisasi Alun-Alun Malang, Taman Trunojoyo, Taman Merbabu, Taman Kunang-Kunang, Taman Slamet, Hutan Kota Malabar, Taman Merjosari, serta Kebun Bibit Mojolangu dan Tunggulwulung.

8. Kota Militer

Disebut Kota Militer karena di Kota Malang terdapat tempat pelatihan militer, asrama, dan mess perwira di sekitar lapangan Rampel.

Pada masa penjajahan Jepang juga dibangun lapangan terbang Sundeng di kawasan Perumnas saat ini. Ada juga pabrik amunisi, senjata, dan kendaraan tempur pindad di Turen.

9. Kota Olahraga

Malang melahirkan bibit-bibit olahragawan dan yang paling terkenal adalah olahraga sepak bola.
Ada dua tim sepak bola yang terkenal di Malang yakni Persema dan Arema yang memiliki prestasi di tingkat regioal hingga nasional.
Apalagi mereka memiliki para suporter yang fanatik dan atraktif yakni Ngalamania serta Aremania.

10. Kota Apel

Julukan Kota Apel sudah cukup lama melekat pada Kota Malang. Kawasan ini memiliki produksi apel yang berlimpah yakni di wilayah Batu dekat Malang dan Poncukusumo.
Berbagai macam makanan yang terbuat dari apel yang dijual hingga ke luar negeri.

11. Kota Susu

Malang dikenal dengan Kota Susu dan pusat produksinya berada di wilayah Pujon Kabupaten Malang.
Susu sapi yang dihasilkan berasal dari sapi yang berkualitas baik hingga susu yang dihasilkan memiliki kualitas bagus.

12. Kota Dingin

Kota Malang dikenal dengan Kota Dingin karena dikelilingi banyak gunung. Di antaranya seperti Gunung Arjuno, Gunung Semeru, Gunung Kawi, Gunung Panderman, dan Gunung Kelud.
Hal tersebut menyebabkan Kota Malang memiliki iklim yang sejuk. Suhu udara minimum di Kota Malang mencapai 18° C.
Sehingga tidak heran Kota Malang diselimuti dengan hawa yang sejuk. Kondisi ini menjadikan Kota Malang mendapat julukan sebagai Kota Dingin.

13. Kota Pelajar

Selain perguruan tinggi, di Kota Malang juga terdapat banyak sekolah formal maupun non formal, sekolah umum maupun privat, sekolah negeri maupun swasta, serta puluhan pondok pesantren.
Banyak pelajar dari luar Kota Malang datang ke Malang untuk menuntut ilmu.

14. Kota Kuliner

Kuliner Malang bisa ditemukan dengan mudah di sepanjang sudut kota. Beberapa kuliner ini bahkan sudah sangat populer dan legendaris.

Kota Malang memiliki banyak sekali jenis makanan khas yang menggugah selera. Kuliner di kota ini menjadi daya tarik bagi wisatawan. Seperti bakso Malang, orem-orem, keripik tempe, dan masih banyak lagi.

15. Kota Parkir

Baru-baru ini Kota Malang mendapatkan julukan baru sebagai Kota Parkir oleh para warganet. Julukan tersebut diberikan lantaran maraknya juru parkir liar yang menempati tiap titik keramaian di Kota Malang, bahkan kawasan ATM.
Keluhan terkait parkir juga muncul di akun media X.com yang membagikan beberapa pesan singkat dari warga yang dikirim melalui akun milik @infomalang. Cuitan tersebut memicu beragam reaksi warganet yang menyebut Kota Malang sebagai Kota Parkir. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Hendarmono Al Sidarto
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES