Peristiwa Daerah

Siap-siap, 45 Anggota DPRD Pacitan yang Baru akan Dilantik Akhir Agustus

Jumat, 26 April 2024 - 15:25 | 27.04k
Ilustrasi - Suasana Sidang di Gedung DPRD Pacitan. (FOTO: Dok TIMES Indonesia)
Ilustrasi - Suasana Sidang di Gedung DPRD Pacitan. (FOTO: Dok TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, PACITAN – Kursi baru di gedung DPRD Pacitan sudah siap diduduki anggota parlemen hasil Pemilu 2024. Sebanyak 45 anggota dewan terpilih akan dilantik pada akhir Agustus 2024, menandai dimulainya masa jabatan baru periode 2024-2029.

"Dalam waktu dekat kami akan menyiapkan pelantikan anggota DPRD terpilih," kata Sekretaris DPRD Kabupaten Pacitan, Didik Alih Wibowo, Jumat (26/4/2024). 

Didik menjelaskan bahwa berbagai persiapan telah dilakukan, mulai dari rapat koordinasi di Surabaya pada 3 Mei 2024 untuk membahas mekanisme pemberhentian anggota DPRD periode 2019-2024, hingga persiapan berbagai kegiatan seremonial dan pelayanan bagi anggota dewan baru.

"Kami menyiapkan berbagai kegiatan seremonial dan pelayanan kepada anggota DPRD, ada agenda ritual resmi paripurna pelantikan, menyediakan berbagai akomodasi," ujar Didik.

Persiapan juga menyentuh aspek infrastruktur, seperti akses untuk disabilitas di media center dan penataan ruang sidang paripurna. "Di sisi lain, kami menyiapkan sarpras, di media centre sudah kita mulai membuat akses untuk disabilitas, dan merapikan sarpras di sekitar lokasi sidang paripurna," jelas Didik.

Didik menambahkan bahwa pengukuran baju untuk anggota dewan baru sudah dilakukan, tinggal menunggu persetujuan akhir. "Pengukuran baju M masing-masing anggota dewan sudah dilaksanakan tinggal tahap akhir persetujuan dari anggota," katanya.

Didik juga mengungkapkan bahwa anggaran untuk pelantikan sudah tersedia, namun jumlah totalnya belum bisa disebutkan. "Anggaran induk untuk pelantikan sudah ada tinggal kita laksanakan. Berapa jumlah totalnya belum bisa kami sebutkan berapa," ujarnya.

Rapat pelantikan dijadwalkan terbuka untuk umum, namun dengan pengaturan yang tertib untuk memastikan kelancaran acara. "Rapat pelantikan itu terbuka, namun kami akan setting secara tertib, agar semua pendukung masing-masing anggota dewan terpilih bisa menyaksikan," kata Didik.

Sementara itu, rapat pendahuluan sebelum paripurna dan pelantikan dijadwalkan berlangsung pada tanggal 23 Agustus 2024. 

"Semoga pelantikan DPRD Pacitan periode 2024-2029 dapat berjalan lancar dan menjadi awal yang baik untuk masa jabatan baru," pungkas Didik Alih Wibowo. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES