Peristiwa Daerah

Pedagang Pasar Banyuwangi Siap Boyongan ke Lokasi Relokasi

Jumat, 26 April 2024 - 20:42 | 19.86k
Pasar Banyuwangi yang akan mendapat dilakukan revitalisasi. (FOTO: Anggara Cahya/TIMES Indonesia)
Pasar Banyuwangi yang akan mendapat dilakukan revitalisasi. (FOTO: Anggara Cahya/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, BANYUWANGI – Para pedagang Pasar Banyuwangi sudah siap pindah ke tempat relokasi yang berada di areal Gedung Wanita Paramitha Kencana. Hal ini dilakukan setelah Pemerintah Kabupaten Banyuwangi (Pemkab Banyuwangi) berencana akan mulai melakukan pembersihan hingga pembongkaran Pasar Banyuwangi pada 10 Mei untuk segera direvitalisasi.

Dikatakan oleh Ketua Paguyuban Pedagang Pasar Banyuwangi, Abdul Holik, jika para pedagang sudah siap apabila disuruh pindah kapan saja, bilamana tempat relokasi memang sudah benar-benar siap pakai.

“Dari para pedagang sendiri sudah siap untuk pindah, hanya tinggal menunggu arahan,” ucap Holik, Jumat (26/4/2024).

Holik yang juga seorang pedagang di Pasar Banyuwangi menjelaskan, untuk tempat relokasi sendiri sudah cukup baik, setiap pedagang mempunyai lapak dengan ukuran 3x3 Meter (M) dan cukup memenuhi standar untuk berjualan. Sedangkan untuk Luas areal relokasi sendiri kurang lebih mencapai 1656,45 M², dengan Jumlah lapak yang disediakan mencapai 500 unit.

“Semua pedagang sudah siap, kami juga difasilitasi kendaraan untuk mobilisasi perpindahan,” tandasnya.

Dengan adanya revitalisasi, Holik berharap, bisa memajukan kesejahteraan para pedagang pasar khususnya Pasar Banyuwangi. Karena selama ini para pedagang yang mempunyai lapak di dalam pasar jarang dikunjungi pembeli. Selain karena akses juga terkesan sedikit kurang tertata. 

“Para pedagang mendukung revitalisasi Pasar Banyuwangi ini, supaya pedagang bisa memajukan ekonomi, dan mampu bersaing dengan pasar-pasar daerah lain,” ungkap Holik.

Sebelumnya, Kepala Dinas Koperasi, Usaha Mikro dan Perdagangan (Diskop UMP) Nanin Oktaviantie menerangkan, pada tanggal 1 hingga 7 Mei para pedagang Pasar Banyuwangi diminta sudah mulai bisa bergeser atau pindah semua ke tempat relokasi yang telah disiapkan. Hal itu harus segera dilakukan pasalnya pada tanggal 10 Mei revitalisasi pasar Banyuwangi akan segera dilakukan pembersihan hingga pembongkaran.

“Senin (22/4/2024) lalu, kami telah mengumpulkan para perwakilan pedagang dan beberapa paguyuban Pasar Banyuwangi untuk memberikan informasi, jika mulai tanggal 1 sampai 7 Mei teman-teman pedagang sudah bisa mulai bergeser ke tempat relokasi,” katanya.

Dengan akan dimulainya proyek revitalisasi Pasar Banyuwangi, Nanin berharap, revitalisasi tersebut bisa berjalan lancar, terlebih saat relokasi pedagang agar aman tanpa kendala apapun dan semua pedagang terfasilitasi hingga terwadahi dengan baik.

“Minta doanya semoga proyek ini bisa berjalan maksimal, sesuai dan lancar tanpa kendala,” pungkas Nanin. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Imadudin Muhammad
Publisher : Sofyan Saqi Futaki

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES