Peristiwa Daerah

Cetak Siswa Berprestasi, FLS2N dan O2SN Pacitan 2024 Resmi Dibuka

Selasa, 30 April 2024 - 11:16 | 28.15k
Suasana pembukaan FLS2N dan O2SN Pacitan 2024. (FOTO: Yusuf Arifai/TIMES Indonesia)
Suasana pembukaan FLS2N dan O2SN Pacitan 2024. (FOTO: Yusuf Arifai/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, PACITAN – Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN) dan Festival dan Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N) jenjang Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP) Kabupaten Pacitan tahun 2024 resmi dibuka pada Selasa (30/4/2024).

Acara yang mengangkat tema "Merdeka Berprestasi Talenta Indonesia Menginspirasi" ini dijadwalkan serentak secara nasional.

Pembukaan olimpiade siswa ini dihadiri oleh Bupati Pacitan, Indrata Nur Bayuaji dan Kepala Dinas Pendidikan (Dindik) Pacitan, Budiyanto.

Hadir pula, jajaran pejabat Dinas Pendidikan Kabupaten Pacitan, para pejabat di lingkup Pemkab Pacitan, Kepala Sekolah, dan ratusan civitas pendidikan se-Pacitan. Termasuk, para peserta FLS2N dan O2SN dari berbagai sekolah SD maupun SMP.

Dalam sambutannya, Kepala Dinas Pendidikan (Dindik) Pacitan, Budiyanto, menyampaikan bahwa ajang FLS2N dan O2SN ini merupakan wadah bagi peserta didik untuk mengembangkan kepercayaan diri, menunjukkan potensi dan bakat, kreativitas, dan prestasi di bidang yang diminati.

"Tujuannya adalah untuk mengantarkan anak-anak meraih prestasi terbaik atas bakat yang mereka miliki di bidang seni dan atletik," jelas Budiyanto, yang juga bertindak sebagai ketua pelaksana kegiatan.

Lebih lanjut, Budiyanto menjelaskan bahwa FLS2N dan O2SN ini juga menjadi langkah awal untuk mengantarkan anak-anak menuju tingkat provinsi yang rencananya akan diselenggarakan pada bulan Juni-Juli 2024.

"Harapannya, anak-anak Pacitan bisa meraih prestasi yang membanggakan di bidang seni dan olahraga," harapnya.

Pembukaan-FLS2N-dan-O2SN-Pacitan-2024.jpg

Dalam kesempatan yang sama, Bupati Pacitan, Indrata Nur Bayuaji, dalam sambutannya menyampaikan pesan semangat buat para peserta, panitia, dan seluruh pihak.

Bupati Indrata berpesan kepada para peserta untuk menjadikan kegiatan ini sebagai upaya menambah pengalaman, wawasan, dan memupuk tali silaturahmi antar peserta. 

"Kepada segenap panitia, wasit dan tim juri termasuk para pendamping kontingen, mari jaga situasi keamanan dan ketertiban demi suksesnya penyelenggaraan," ujarnya.

"Semangat kerjasama rasa persatuan sesama kontingen hendaknya dipelihara dengan baik, mengutamakan semangat sportivitas yang tinggi," imbuh Bupati.

Lebih lanjut, Bupati Indrata berpesan kepada seluruh pihak untuk menjalankan kompetisi dengan cara sehat, dengan tetap mengedepankan fair play dan mengukir prestasi dengan bertanding secara sehat.

"Kegiatan ini selain sebagai tolak ukur keberhasilan pendidikan olahraga dan seni di Pacitan, juga ditujukan untuk memupuk dan memotivasi kecintaan anak didik kita terhadap olahraga dan seni, sedini mungkin," jelas Bupati Indrata.

Bupati Indrata berharap dengan adanya acara ini, akan melahirkan bibit-bibit atlet dan seniman baru di masa mendatang di Pacitan.

Tahun ini, FLS2N dan O2SN Kabupaten Pacitan diikuti oleh 619 siswa, terdiri dari 444 siswa SD dan 174 siswa SMP.

Cabang lomba yang dipertandingkan untuk FLS2N SD adalah menyanyi tunggal, pantomim, menari, menggambar, dan seni kriya. Pertandingan FLS2N SD ini akan berlangsung di Pendopo Kabupaten Pacitan dan Halking.

Sedangkan untuk O2SN SD, cabang lomba yang dipertandingkan adalah kids atletik, renang, pencak silat, bulu tangkis, bola voli mini, dan sepak bola mini.

Pertandingan atletik, akan berlangsung di Stadion Pacitan, Kolam Renang Jaten, Gedung Yabi, Gedung Gasibu, Alun-alun Pacitan, dan Lapangan Peta.

Diharapkan penyelenggaraan FLS2N dan O2SN ini dapat meningkatkan mutu pendidikan olahraga dan seni di Kabupaten Pacitan. Pun dapat melahirkan bibit-bibit atlet dan seniman berbakat yang dapat mengharumkan nama Pacitan di kancah nasional hingga internasional. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ronny Wicaksono
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES