Peristiwa Daerah

PT KAI Daop 2 Bandung Perkenalkan KA Lodaya Generasi Baru dari Stainless Steel

Kamis, 02 Mei 2024 - 10:00 | 18.57k
Sejumlah penumpang saat menggunakan KA Lodaya Baru dengan Kereta Eksekutif dan Ekonomi Stainless Steel Generasi Baru, Kamis (2/5/2024) (FOTO: Dok. PT KAI Daop 2 Bandung)
Sejumlah penumpang saat menggunakan KA Lodaya Baru dengan Kereta Eksekutif dan Ekonomi Stainless Steel Generasi Baru, Kamis (2/5/2024) (FOTO: Dok. PT KAI Daop 2 Bandung)

TIMESINDONESIA, TASIKMALAYA – PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daerah Operasi 2 Bandung (PT KAI Daop 2 Bandung) telah resmi mengoperasikan KA Lodaya dengan fasilitas baru yang memukau para penumpang setianya. 

Mulai Kamis (2/5/2024), KA Lodaya relasi Bandung – Solo Balapan pp telah diperbaharui dengan menggunakan jenis Kereta Eksekutif dan Ekonomi Stainless Steel New Generation.

Kereta-kerta New Generation ini merupakan bagian dari pengadaan 612 unit kereta Stainless Steel New Generation periode 2023 hingga 2026 yang didatangkan langsung dari PT INKA (Persero). 

Executive Vice Presiden Daerah Operasi 2 Bandung, Takdir Santoso menyatakan bahwa pengoperasian ini merupakan bentuk nyata dari peningkatan pelayanan KAI kepada para pelanggan setianya, khususnya para penumpang KA Lodaya.

Sebelumnya, KAI telah menghadirkan Kereta Eksekutif New Generation pada beberapa relasi, termasuk KA Argo Dwipangga, Argo Lawu, Taksaka, dan Argo Bromo Anggrek. Sedangkan Kereta Ekonomi Stainless Steel New Generation telah dioperasikan pada KA Majapahit relasi Pasarsenen – Malang sejak Maret 2024.

Salah satu keunggulan utama dari Kereta Stainless Steel New Generation adalah penggunaan pintu elektrik otomatis untuk pintu masuk kereta dan pintu penghubung antar kereta. Ini tidak hanya memudahkan penumpang dalam membuka dan menutup pintu tanpa mengeluarkan banyak energi, tetapi juga mengurangi kebisingan.

Takdir juga menyoroti adanya Passenger Information Display System (PIDS) yang memberikan informasi tentang stasiun terdekat, kecepatan, dan suhu ruangan, meningkatkan pengalaman perjalanan penumpang.

Jendela Kereta Stainless Steel New Generation telah di-upgrade menjadi tempered double glass untuk meningkatkan keamanan dan kenyamanan penumpang.

Di samping itu, Passenger Information Display System (PIDS) yang tersedia di masing-masing kereta dapat menampilkan informasi stasiun terdekat, kecepatan, dan suhu ruangan.

"PIDS tersebut membantu menciptakan pengalaman perjalanan yang lebih baik dan menyediakan informasi yang penting bagi pelanggan selama perjalanan,” kata Takdir. Kamis (2/4/2024)

Untuk mengakomodasi kebutuhan pengisian daya gawai penumpang, KAI telah menambahkan USB charger port pada masing-masing kursi, selain stop kontak yang telah tersedia di dinding kereta.

Toilet-Kereta-2.jpgToilet yang representatip yang dimiliki oleh KA Lodaya Baru dengan Kereta Eksekutif dan Ekonomi Stainless Steel Generasi Baru, Kamis (2/4/2024) (FOTO: Dok. Daop 2 Bandung)

Selain itu, toilet di Kereta Stainless Steel New Generation dilengkapi dengan keran di bagian bawah untuk memudahkan wudu dan meja lipat tambahan di toilet wanita untuk dudukan mengganti popok bayi.

Fasilitas Kereta Makan juga telah diperbarui dengan interior dan furnitur premium, memastikan pengalaman makan yang lebih mewah bagi penumpang.  Semua peningkatan ini merupakan bagian dari upaya KAI untuk terus memanjakan para pelanggan selama perjalanan mereka dengan kereta api.

Peningkatan layanan PT. KAI Daop 2 Bandung mendapat sambutan yang baik dari salah satu pengguna jasa kereta api asal Kota Tasikmalaya. 

Annisa (56) warga Perum Muncang Asri, Kawalu Kota Tasikmalaya saat ditemui TIMES Indonesia di stasiun Kereta Api mengatakan dirinya sangat senang sekali dengan peluncuran KA Lodaya Baru dengan Kereta Eksekutif dan Ekonomi Stainless Steel Generasi Baru.

"Ya setahu saya dulu orang menggunakan kereta api karena ketepatan waktunya dan kini orang pasti mengejar layanannya. Ini dibuktikan oleh PT KAI,"pungkas Annisa. Kamis (2/5/2024). (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ronny Wicaksono
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES