Peristiwa Daerah

Membanggakan, Pemkab Ponorogo Raih Opini WTP 12 Kali Beruntun

Jumat, 03 Mei 2024 - 12:36 | 15.68k
Bupati Ponorogo Sugiri Sancoko saat menerima anugerah WTP 12 kali berturut-turut dari perwakilan BPK-RI Jawa Timur. (Foto: Prokopim Ponorogo)
Bupati Ponorogo Sugiri Sancoko saat menerima anugerah WTP 12 kali berturut-turut dari perwakilan BPK-RI Jawa Timur. (Foto: Prokopim Ponorogo)

TIMESINDONESIA, PONOROGO – Pemerintah Kabupaten Ponorogo (Pemkab Ponorogo) meraih opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) untuk 12 kali berturut-turut dari Badan Pemeriksa Keuangan RI (BPK RI) terhadap pemeriksaan laporan keuangan tahun anggaran 2023.

Predikat WTP 12 kali berturut-turut selanjutnya diserahkan langsung Kepala BPK-RI Perwakilan Jawa Timur Karyadi, kepada Bupati Ponorogo Sugiri Sancoko, di Auditorium BPK-RI Perwakilan Jawa Timur Kamis (2/5/2024).

Opini WTP yang diberikan BPK kepada Pemkab Ponorogo, merupakan pernyataan profesional pemeriksa mengenai kewajaran penyajian laporan keuangan yang disampaikan BPK dalam laporan hasil pemeriksaan (LHP) APBD 2023.

“Yang telah diaudit BPK mulai Februari hingga April 2024,” kata Karyadi.

Menurut Karyadi, laporan yang disajikan oleh Pemkab Ponorogo kepada BPK bukan merupakan jaminan bahwa laporan tersebut bebas dari penipuan atau tindakan lainnya.
“Namun demikian permasalahan itu tidak mempengaruhi kewajaran atas LKPD itu,” ujar Karyadi.

Sementara Bupati Ponorogo Sugiri Sancoko mengaku berterima kasih atas kerja keras semua unsur ASN di Pemkab Ponorogo. 

Bupati Sugiri Sancoko juga memaparkan WTP ini bukan merupakan bentuk prestasi kerja, tetapi sebagai bentuk kewajiban dan keharusan yang dilakukan oleh Pemkab Ponorogo dalam mengelola dan melaksanakan pembangunan yang bersumber dari rakyat.

“Maka sudah seharusnya disajikan transparan dan akuntabel, serta sesuai aturan yang ada. Sehingga uang rakyat yang disebut am APBD itu bermanfaat sebanyak-banyaknya untuk rakyat,” tukas Bupati Ponorogo Sugiri Sancoko.

Turut mendampingi Bupati Sugiri Sancoko menerima anugerah WTP 12 kali berturut-turut, Sekda Ponorogo Agus Pramono, dan beberapa Kepala OPD Pemkab Ponorogo. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ronny Wicaksono
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES