Peristiwa Daerah

Kunker Mensos RI Tampung Keluhan Disabilitas Mental di Sumba Timur

Jumat, 03 Mei 2024 - 16:54 | 17.18k
Menteri Sosial Tri Rismaharini didampingi Bupati Sumba Timur saat menyapa warga dan para disabiltas dan ODJG. (FOTO: Habibudin/TIMES Indonesia)
Menteri Sosial Tri Rismaharini didampingi Bupati Sumba Timur saat menyapa warga dan para disabiltas dan ODJG. (FOTO: Habibudin/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, SUMBA TIMUR – Kunjungan kerja Menteri Sosial RI (Mensos RI) Tri Rismaharani di Kabupaten Sumba Timur, menampung sejumlah keluhan para disabitas mental.

Menteri Risma sejak 2 – 3 Mei 2024 bersama Tim Kemensos, Dokter Spesialis Jiwa Dickson Legoh dan Albert A. Maramis, didampingi Bupati Sumba Timur dan OPD mengunjungi beberapa tempat yakni Puskesmas Kecamatan Kanatang, Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Umbu Rara Meha Waingapu dan Puskesmas Kecamatan Lewa.

Menteri Risma menerima banyak keluhan dari para disabilitas mental. Ada juga yang mengeluh soal masih banyaknya para disabilitas yang belum diperhatikan kondisi mereka. Dia juga menerima sejumlah keluhan dari pengrajin tenun ikat, petani dan nelayanan terkait kesejahteraannya.

Risma juga memantau penanganan terhadap Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ) di Puskesmas Kanantangan dan Puskesmas Lewa dan juga melihat kondisi para pasien di RSUD Umbu Rara Meha Waingapu. Dalam kesempatan itu, Risma memberi bantuan sosial dan makanan tambahan bagi warga penyandang disabilitas dan ODJG yang ada. 

Risma meminta Pemerintah Kabupaten Sumba Timur untuk memberi data valid jumlah ODGJ dan para disabilitas serta dan mendorong pemkab untuk segera melakukan perekaman e-KTP buat mereka agar lebih mudah mengakses pelayanan pemerintah dan jaminan sosial.

“Keluhan mereka ini akan saya berikan perhatian khusus untuk Sumba Timur karena masih banyak masalah yang harus diselesaikan bagi disabilitas dan ODGJ,” kata Mensos RI.(*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES