Peristiwa Daerah Info Haji 2024

Lantik PPIH Embarkasi Surabaya, Pj Gubernur Adhy Pastikan Kerja Maksimal

Jumat, 03 Mei 2024 - 17:42 | 16.47k
Pj Gubernur Adhy usai pelantikan PPIH di Asrama Haji Sukolilo Surabaya, Jumat (3/5/2024). (Foto: Lely Yuana/TIMES Indonesia)
Pj Gubernur Adhy usai pelantikan PPIH di Asrama Haji Sukolilo Surabaya, Jumat (3/5/2024). (Foto: Lely Yuana/TIMES Indonesia)
FOKUS

Info Haji 2024

TIMESINDONESIA, SURABAYAPj Gubernur Jatim Adhy Karyono melantik Petugas Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi Surabaya di Asrama Haji Sukolilo, Jumat (3/5/2024).

Pj Gubernur Adhy bertindak menjadi Koordinator PPIH Embarkasi Surabaya. Ia memastikan petugas harus bekerja secara maksimal. Karena mereka akan melayani penuh calon jemaah sebelum terbang ke Tanah Suci. Para petugas bahkan telah melalui proses seleksi yang ketat. Namun demikian, Adhy menilai jika tugas mereka tidak akan seberat tahun lalu karena jumlah calon jemaah haji lansia berkurang menjadi 500 orang saja.

"Kami komitmen akan betul-betul menyelenggarakan pelayanan haji ini dengan baik, begitu pembinaan dan penyelesaian persoalan," jelas Pj Gubernur Adhy.

Calon jemaah haji dari Jatim berjumlah 39.228 orang pada tahun ini.  Angka tersebut meningkat dibandingkan tahun lalu yang sebesar 35.152 jemaah. Total 106 kloter keberangkatan. Jatim mencatat angka jemaah terbanyak. 

"Kami ingin memberikan pelayanan yang terbaik, agar nanti tidak ada lagi keluhan dari jemaah," kata Pj Gubernur Adhy.

Pemerintah Arab Saudi bahkan memberikan fast track kepada seluruh administrasi pemberangkatan ke luar negeri yang semua prosesnya dilakukan di Embarkasi Surabaya. Meliputi visa, perizinan hingga paspor.

Adhy-2.jpgMeal Test atau uji coba makanan bagi layanan penerbangan Calon Jemaah Haji Embarkasi Surabaya, Jumat (3/5/2024). (Foto: Lely Yuana/TIMES Indonesia)

Fast track sendiri merupakan fasilitas preclearance atau pemeriksaan dokumen jamaah haji oleh Keimigrasian Pemerintah Arab Saudi. Nah, kali ini fast track cukup dilakukan dari Embarkasi Surabaya. Juga ada Embarkasi Jakarta dan Embarkasi Solo.

"Ketika nanti landing di Arab Saudi nanti sudah tidak ada lagi pemeriksaan untuk kedatangan," kata Pj Gubernur Adhy.

Kemenag Sudah Terbitkan 195.917 Visa

Sementara itu, Kementerian Agama RI terus melakukan percepatan penerbitan visa jemaah haji Indonesia. Hingga hari ini, tercatat sudah lebih 195 ribu visa jemaah haji reguler yang terbit atau sekitar 92% dari total kuota.

Tahun ini, kuota haji Indonesia berjumlah 221.000 jemaah. Selain itu, Indonesia juga mendapat tambahan kuota sebanyak 20.000 jemaah. 

Dengan demikian, total kuota haji Indonesia adalah 241.000 jemaah, terdiri atas 213.320 jemaah haji reguler dan 27.680 jemaah haji khusus.

“Sampai hari ini, dilaporkan 195.917 visa jemaah haji reguler sudah terbit. Kita terus melakukan percepatan agar visa terbit segera mencapai 100%. Syukur-syukur sebelum keberangkatan jemaah dimulai,” terang Direktur Pelayanan Haji Dalam Negeri pada Ditjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah Saiful Mujab di Jakarta, Jumat (3/5/2024).

Jemaah haji Indonesia akan mulai masuk asrama haji Embarkasi pada 11 Mei 2024. Mereka secara bertahap akan terbang ke Arab Saudi pada 12 Mei 2024. 

Menurut Saiful Mujab, pemvisaan diawali dengan proses input data dan dokumen jemaah haji oleh tim di Kankemenag Kabupaten/Kota dan Kanwil Kemenag Provinsi. Saat ini, data yang masuk dan terverifikasi sebanyak 223.474 jemaah. 

"Jadi dokumen yang kita proses sudah melebihi kuota haji tahun ini. Prosentasenya mencapai 104,76% karena termasuk juga jemaah dengan kuota cadangan. Ini kita proses agar jika ada yang menunda keberangkatan, jemaah dengan status cadangan juga sudah tervisa," sebut Saiful Mujab.

"Dari 223.474 dokumen yang terverifikasi, kita sudah ajukan request visa untuk 212.429 jemaah haji reguler," sambunya.

Saiful Mujab berharap, dengan terobosan proses pemvisaan ini, seluruh kuota jemaah haji Indonesia bisa terserap maksimal.

Keberangkatan jemaah haji Indonesia terbagi dalam dua gelombang. Pemberangkatan gelombang pertama dijadwalkan dari 12-23 Mei 2024. Untuk gelombang kedua, pemberangkatan jemaah akan berlangsung dari 24 Mei -10 Juni 2024. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Irfan Anshori
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES