Peristiwa Daerah

Embek Ngowos, Langkah Pemkab Jombang Kembangkan Produk Kopi Unggulan

Minggu, 05 Mei 2024 - 08:46 | 19.63k
Ngobati Embek Ngowos inovasi baru kembangkan produk Jombang, kegiatan di launching Pj Bupati Jombang di halaman Gedung Dekranasda Kabupaten Jombang, Sabtu (4/5/2024) malam. (FOTO: Bambang Cahyono/TIMES Indonesia)
Ngobati Embek Ngowos inovasi baru kembangkan produk Jombang, kegiatan di launching Pj Bupati Jombang di halaman Gedung Dekranasda Kabupaten Jombang, Sabtu (4/5/2024) malam. (FOTO: Bambang Cahyono/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, JOMBANG – Kopi Wonosalam, salah satunya produk unggulan Kabupaten Jombang yang sudah melejit di kancah dunia. Guna membumikan Kopi Wonosalam di masyarakat lokal, Pemkab Jombang menggelar Embek Ngowos atau Enake Ambek Ngopi Wonosalam yang bertajuk Ngobati (Ngopi bersama Bupati).

Kegiatan itu dilaunching oleh Pj Bupati Jombang di halaman Gedung Dekranasda Kabupaten Jombang, Sabtu (4/5/2024) malam.

Acara itu dihadiri oleh Pj Bupati Jombang Sugiat, Yayuk Sugiat Ketua Dekranasda Kabupaten Jombang, Forkopimda Kabupaten Jombang, Kepala OPD lingkup Pemkab Jombang, Camat, Kepala Desa, para Direktur Perusda Kabupaten Jombang, Berkopipora, Pengurus Asosiasi Kopi Wonosalam, Asosiasi kedai/cafe di Jombang hingga masyarakat penikmat kopi.

Tujuan dari kegiatan ini sebagai bentuk nyata dari Pemkab Jombang untuk mendukung, membumikan, serta memperkenalkan produk lokal Kabupaten Jombang, utamanya Kopi Wonosalam.

"Ide ini datangnya dari saya pribadi. Saat saya jalan-jalan ke Kota Jombang, saya lihat tumbuh banyak cafe dan pengunjungnya luar biasa. Saya punya ide, kita perkenalkan Kopi Wonosalam di cafe-cafe," ungkap Sugiat, Pj Bupati Jombang kepada TIMES Indonesia, Sabtu (4/5/2024).

Pj Bupati Jombang, Sugiat menyampaikan bahwa acara Ngobati Embek Ngowos merupakan realisasi dari janji yang ia sampaikan kepada Asosiasi Kopi ketika menggelar Jombang Coffee Fest (JCF) 2023, di Gedung DPRD Kabupaten Jombang. Saat itu, pihaknya berjanji akan membantu mengembangkan kopi lokal.

"Kita sudah diskusi saat festival kopi, asosiasi kopi juga hadir. Saat itu saya berjanji bagaimana bisa membantu asosiasi kopi, khususnya untuk kopi Wonosalam agar tidak hanya dikenal diluar negeri tapi juga membumi di Kabupaten Jombang," ujarnya.

Ngobati Embek Ngowos terealisasi dengan menggandeng OPD terkait untuk berperan mengeksekusi gagasan promosi kopi Wonosalam yang menjadi produk unggulan Kabupaten Jombang.

"Saya lihat tumbuhnya cafe-cafe sangat pesat dengan banyak anak muda penikmat kopi, maka kita bisa perkenalkan produk lokal mulai dulu dari kopi Wonosalam. Supaya gerakan masif, maka harus kopi gratis dulu. Sementara ini biar dikenal dulu, kita gencarkan gerakan kopi gratis," katanya

Diketahui, Wonosalam merupakan wilayah Jombang yang kaya dengan sumber daya alamnya. Khusus kopi Wonosalam, jenis excelsa adalah yang menjadi khas dan primadona. Masyarakat setempat menyebutnya kopi azizah.

Tak hanya itu, Wonosalam juga punya potensi lainnya seperti susu, durian, manggis, dan lain-lain. Pemkab Jombang berkomitmen mengembangkan seluruh potensi di Wonosalam. Seperti potensi susu sapi Wonosalam yang selama ini dikirim ke Pujon, Malang sehingga bisa menambah PAD serta mensejahterakan masyarakat.

Dalam acara Ngobati Embek Ngowos beberapa OPD, Asosiasi Kopi, Asosiasi kedai/cafe berkesempatan menyampaikan usulan. Usulan tersebut antara lain pengembangan varietas asli excelsa Wonosalam, pendataan kemampuan produksi kopi Wonosalam, perencanaan roadmap dari produksi hingga distribusi kopi Wonosalam hulu ke hilir, edukasi kepada petani untuk meningkatkan nilai jual kopi Wonosalam, fasilitasi petani kopi Wonosalam dengan menyediakan gudang penyimpanan kopi, pengurusan legalitas komoditas kopi Wonosalam dengan baik, melakukan packaging kopi Wonosalam yang menarik, dan lain sebagainya.

Kopi Wonosalam adalah varietas kopi yang tumbuh di sekitar lereng Gunung Anjasmoro. Kopi Wonosalam memiliki cita rasa unik yaitu fruity, tasty, floraly, chocolaty, dan creamy. Wonosalam juga menjadi salah satu produsen kopi excelsa terbesar di Indonesia.

Guna mengenalkan kopi Wonosalam, kegiatan Ngobati Embek Ngowos menjadi inovasi baru Pemkab Jombang dalam membumikan produk lokal dan terus digencarkan di kedai/cafe yang siap berkolaborasi. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES