Peristiwa Daerah

IKA UB Luncurkan Aplikasi Talenta UB, Wujud Komitmen Alumni untuk Maju Bersama

Minggu, 05 Mei 2024 - 13:36 | 17.11k
Peluncuran Aplikasi Talenta UB bersamaan dengan halal bihalal IKA UB di Jakarta.  (Foto: IKA UB for TIMES Indonesia)
Peluncuran Aplikasi Talenta UB bersamaan dengan halal bihalal IKA UB di Jakarta. (Foto: IKA UB for TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Ikatan Keluarga Alumni Universitas Brawijaya (IKA UB) meluncurkan Aplikasi Talenta UB, pada acara halal dibahal yang digelar IKA UB, Sabtu (4/5/2024). Talenta UB merupakan fitur yang digunakan untuk menjembatani talenta mahasiswa dan alumni UB dalam dunia insudrsti.

Ketua Umum (Ketum) IKA UB, M Zainal Fatah mengatakan, Talenta UB dipersembahkan oleh IKA UB sebagai komitmen maju bersama untuk mahasiswa dan alumni. Baik program S1, S2, S3, dan Vokasi.

"Sebuah platform yang mempertemukan talenta mahasiswa dan alumni hingga ke dunia industri.  Mulai dari pendampingan mahasiswa untuk mendapatkan tempay magang yang cocok. Kemudian sertifikasi NSP, BNSP hingga sertifikasi internasional," terangnya.

Pria yang juga menjabat sebagai Sekjen Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR itu menerangkan, Talenta UB juga merupakan platform yang mempertemukan mahasiswa dan alumni sebagai jobseeker. Dengan swasta, pemerintah, dan lembaga lainya sebagai calon pekerja.

"Oleh karena itu kami mengajak segenap alumni UB dan mitra, baik swasta, lembaga pemerintah, dan lainya untuk bergabung dalam platform Talenta UB.
Bersama-sama kita berkolaborasi membangun masa depan Indonesia Maju, melalui ekosistem pembelajaran Dan kesempatan karir untuk generasi unggul Indonesia di masa depan," tuturnya.

Talenta UB dikembangkan untuk memenuhi kebutuhan talenta yang dimiliki oleh Kampus Biru yang unggul dan relevan dengan permintaan industri Masa depan.

"Talenta U menjembatani mahasiswa UB untuk magang di dunia industri sesuai dengan keinginan mahasiswa. Ini langkah yang efektif untuk membangun portofolio mengawali karir di dunia profesional sebelum lulus," katanya.

Talenta UB menawarkan alternatif gerbang karir professional melalui fitur lowongan pekerjaan bagu alumni UB. Tersedia baik untuk pekerjaan entri level maupun pekerjaan  profesional uang membutuhkan
Portofolio pengalaman kerja yang relevan. 

Aplikasi ini akan mempromosikan para alumni kepada para calon employer berdasarkan skor kompetensi yang dimiliki mahasiswa dan alumni UB pada bidang keahlian yang diinginkan.

"Hal ini akan mempermudah para mahasiswa dan alumni dalam memenuhi kualifikasi yahg dibutuhkan untuk mengejar karir impian," tutur Cak Fatah, sapaan akrab Ketum IKA UB.

Dijelaskan bahwa Talenta UB telah bekerjasama dengan lembaga sertifikasi BNSP dan lembaga sertifikasi internasional untuk membantu sertifikasi mahasiswa dan alumni UB untuk memenuhi standar kompetensi yang dibutuhkan oleh industri.

Tak hanya itu, aplikasi ini juga menawarkan progtam pelatihan dan pendampingan mahasiswa dan alumni untuk meningkatkan talent skor atau kualifikasi kompetensi yang dibutuhkan industri

"Talenta UB merupakan platform inovatif sebagai wadah komunikasi dan jejaring professional anatara mahasiswa UB, Alumni UB, dan pasar kerja. Anggota bisa saling mendukung dan membagi pengalaman untuk mendukung pengembangan karir profesional mereka," pungkas Cak Fatah. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES