Peristiwa Daerah

RSUD URM Waingapu Dapat Pasokan 60 Kantong Darah dari PT MSM

Senin, 06 Mei 2024 - 17:17 | 16.80k
Aksi kemanusiaan petugas RSUD URM Waingapu saat melakukan donor darah bagi sejumlah karyawan PT MSM.(FOTO: Habibudin/TIMES Indonesia)
Aksi kemanusiaan petugas RSUD URM Waingapu saat melakukan donor darah bagi sejumlah karyawan PT MSM.(FOTO: Habibudin/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, SUMBA TIMUR – Aksi kemanusiaan donor darah yang dilakukan Rumah Sakit Umum Daerah Umbu Rara Meha (RSUD URM) Waingapu dengan PT Muria Sumba Manis (MSM) mendapat pasokan 60 kantong darah.

“Aksi ini kita lakukan karena selama bulan puasa hingga Lebaran kami kekurangan stok darah. Maka hari ini kita adakan donor darah bersama karyawan PT MSM dengan mendapatkan 60 kantong darah untuk membantu masyarakat yang membutuhkan darah,” kata dr Maria, SpPK Senin (6/5/2024).

Menurutnya, untuk mengatasi menipisnya stok darah selama bulan puasa hingga Lebaran RSUD URM Waingapu melakukan pedekatan dengan PT MSM  berinisiatif untuk memasok darah dengan cara mengadakan aksi kemanusiaan di Kantor PT MSM di Desa Wanga.

Adapun dalam aksi donor darah ini, daftar peserta yang hadir sebanyak 69 orang, peserta yang lolos secreening dan diambil darahnya sebanyak 60 orang sedangkan peserta yang tidak lolos sebanyak 9 orang. 

“Tak tanggung-tanggung hari ini kita bisa dapat 60 kantong darah dengan pendonor yang mendaftar sebanyak 69 orang walau yang lolos hanya 60 orang tentu kita patut bersyukur MSM sudah membantu kami,” tuturnya.

Kegiatan ini, tambah dr Maria. PT MSM setiap tahunnya melakukan aksi donor darah bersama RSUD URM Waingapu yang bertujuan untuk memenuhi kebutuhan stok darah di Kabupaten Sumba Timur. (*)

“Maka dalam keadaan darurat seperti ini kami dapat terbantu oleh PT MSM karena semua karyawan MSM sudah siap untuk menjadi pendonor darah bagi semua masyarakat Sumba Timur yang membutuhkan darah,”ungkapnya.

Achmad Samsul Hadi selaku Manager EHS PT MSM mengungkapkan, aksi kemanusiaan donor darah yang dilakukan ini bertujuan untuk memupuk jiwa relawan kemanusiaan dengan mendonorkan darah sudah menjadi upaya untuk saling menolong dan peduli akan sesama.

Ia menjelaskan, aksi kemanusiaan donor darah ini bukan hanya menunjukkan komitmen PT MSM tetapi juga menginsipirasi para karyawan dan juga masyarakat Sumba Timur untuk berpartisipasi dalam kegiatan donor darah yang sangat penting bagi stok darah di rumah sakit.

Lanjut dia, donor darah ini adalah kontribusi kecil untuk menyelamatkan nyawa orang lain dengan kepedulian kita terutama soal kesehatan dan kebutuhan darah yang terus meningkat.

“Alhamdulillah hari ini kita masih bisa turut membantu rekan-rekan kita di RSUD URM Waingapu dalam melakukan aksi sosial donor darah untuk kemanusiaan mengingat keselamatan orang yang membutuhkan darah,”terang Achmad. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Hendarmono Al Sidarto
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES