Peristiwa Daerah

PWI Maluku Utara dan BUMN Pastikan Gelar UKW Gratis di Ternate, Ini Syaratnya

Senin, 06 Mei 2024 - 19:23 | 17.14k
Ketua PWI Provinsi Maluku Utara, Asri Fabanyo. (Foto: Asri for TIMES Indonesia)
Ketua PWI Provinsi Maluku Utara, Asri Fabanyo. (Foto: Asri for TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, TERNATE – Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Pusat bekerja sama dengan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) akan menggelar Uji Kompetensi Wartawan (UKW) di Kota Ternate, Provinsi Maluku Utara (Malut), pada bulan Juni 2024 mendatang.

PWI Malut sebagai tuan rumah menegaskan, UKW ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi wartawan, dilaksanakan secara gratis, diperuntukan bagi wartawan muda, madya dan utama di Provinsi Maluku Utara.

"UKW yang akan dilaksanakan di Kota Ternate, Provinsi Maluku Utara (Malut) secara gratis, tidak dipungut biaya," kata Ketua PWI Maluku Utara Asri Fabanyo usai rapat pembentukan panitia UKW PWI Malut, di Cafe Moluccas, Kelurahan Gamalam, Kecamatan Ternate Tengah Kota Ternate, Senin (6/5/2024).

Dalam rapat tersebut disepakati Djuleha Hi Amin, Ketua Bidang Pendidikan PWI Maluku Utara, ditunjuk sebagai Ketua Panitia UKW 2024.

"Pendaftaran dibuka sejak rapat dilaksanakan yakni 7 Mei dan ditutup 16 Mei 2024. Untuk pendaftaran langsung menghubungi Ketua Panitia UKW PWI Malut," tegas Asri, 

Pemimpin Redaksi (Pemred) SKH Aspirasi Malut ini mengaku, UKW Gratis PWI dan BUMN di Malut diperuntukkan bagi wartawan muda, madya, dan utama yang akan diikuti sebanyak 36 peserta. Jumlah itu dibagi menjadi 6 kelompok, masing-masing kelompok peserta sebanyak 6 orang.

"Penguji Uji Kompetensi Wartawan (UKW) berasal dari PWI Pusat dan masing-masing kelompok terdapat 1 orang penguji," terangnya.

Orang nomor satu di PWI Malut ini mengingatkan, peserta yang akan mengikuti UKW adalah anggota PWI biasa maupun muda. Bagi wartawan bukan anggota yang mau mengikuti UKW, wajib mengisi formulir pendaftaran disertai surat pernyataan bersedia bergabung dengan PWI.

"Selain syarat itu, wartawan tersebut wajib mematuhi Undang-Undang Pers No 40 tahun 1999 tentang Pers, dan Kode Etik Jurnalistik (KEJ), Pedoman Pemberitaan Ramah Anak (PPRA), sejarah dan organisasi PWI," paparnya.

Putra Tobelo, Kabupaten Halmahera Utara, ini menambahkan, UKW yang akan digelar di Malut adalah salah satu upaya untuk membentuk wartawan profesional.

"Kami mengajak teman-teman wartawan di Maluku Utara agar dapat memanfaatkan kesempatan emas ini," pungkasnya.

Diketahui, sebelumnya UKW Gratis PWI-BUMN dijadwalkan dilaksanakan di Kabupaten Halmahera Timur Provinsi Maluku Utara. Hanya saja tidak ada kesiapan yang pasti sehingga lokasi pelaksanaan UKW dialihkan di Kota Ternate.(*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Hendarmono Al Sidarto
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES