Peristiwa Daerah

Bupati Sugiri Sancoko: Berkat Program Sumur Dalam Petani di Ponorogo Bisa Panen 4 Kali

Selasa, 07 Mei 2024 - 16:37 | 11.06k
Bupati Sugiri Sancoko saat panen raya padi di Desa Pondok Babadan Ponorogo. (Foto: Marhaban/TIMES Indonesia)
Bupati Sugiri Sancoko saat panen raya padi di Desa Pondok Babadan Ponorogo. (Foto: Marhaban/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, PONOROGOBupati Sugiri Sancoko mengakui kesuksesan petani di Kabupaten Ponorogo bukan berarti tanpa kendala. Namun beberapa kendali tersebut bisa dipecahkan secara bersama. 

Dari data yang ada luas sawah di Kabupaten Ponorogo hampir 35 ribu hektar. Sawah irigasinya sekitar 15 ribu hektar, sisanya adalah sawah tadah hujan.

"Dihadapkan dengan masih luasnya sawah tadah hujan, permasalahan utama pertanian padi di Ponorogo adalah air," kata Bupati Sugiri Sancoko, Selasa (75/2024) saat panen padi bersama di Desa Pondok Kecamatan Babadan.

Guna mengatasi kondisi tersebut, pihaknya pun membuat program pembuatan sumur dalam yang jumlahnya 250 buah pada APBD tahun 2021, supaya bisa dimanfaatkan untuk menarik air dari sumber-sumber air guna mengairi lahan persawahan, khususnya sawah tadah hujan.

"Kami punya program yang namanya Sumur Dalam jumlahnya 250 dalam APBD 2021-2026, hari ini sudah terpenuhi kira-kira 190," sebutnya.

Bupati Sugiri Sancoko menegaskan, upaya yang dilakukan itu bertujuan untuk meningkatkan Indeks Pertanaman (IP) di Ponorogo.

"APBD menyiapkan itu semua dalam rangka mewujudkan mimpi besar kita agar IP menjadi lebih banyak lagi," jelasnya.

Jadi jangan heran kalau petani Kabupaten Ponorogo saat ini setiap tahunnya bisa panen padi 4 kali.
"Dan itu semua berkat kerja sama serentak dari Dinas Pertanian Provinsi dan Kementerian Pertanian RI," kata Bupati Sugiri Sancoko.

Ia juga mengucapkan terima kasih kepada TNI dan semua unsur terkait atas kerja sama yang selama ini sudah terbangun dengan baik dalam menyukseskan Program Ketahanan Pangan Nasional.

Panen Raya Padi di Desa Pondok Kecamatan Babadan Ponorogo juga dihadiri Danrem 081/Dhirot Saha Jaya Kolonel Inf Sugiyono, dan Komandan Kodim 0802/Ponorogo Letkol Inf Dwi Soerjono, kepala Dinas Pertanian Kabupaten Ponorogo Supriyanto, dan seluruh kelompok tani yang ada di Kecamatan Babadan Ponorogo. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES