Peristiwa Daerah

Civitas Akademika Universitas Muhammadiyah Kudus Gelar Aksi Damai Kutuk Israel

Selasa, 07 Mei 2024 - 21:09 | 12.50k
Seribuan mahasiswa dan dosen serta Rektor Universitas Muhammadiyah Kudus bersatu dalam aksi solidaritas untuk rakyat Palestina. (FOTO: Ihza Fajar Azhari/TIMES Indonesia)
Seribuan mahasiswa dan dosen serta Rektor Universitas Muhammadiyah Kudus bersatu dalam aksi solidaritas untuk rakyat Palestina. (FOTO: Ihza Fajar Azhari/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, KUDUSUniversitas Muhammadiyah Kudus (UMKU) bersatu dalam aksi solidaritas untuk rakyat Palestina, Selasa (7/5/2024). Aksi ini merupakan wujud nyata dari semangat kemanusiaan dan solidaritas global.

Peserta aksi yang melibatkan ribuan mahasiswa yang mayoritas perempuan itu, melakukan longmarch dari kampus satu menuju ke Hall Crystal Building UMKU yang berada di Jalan Ganesha, Kelurahan Purwosari Kudus.

Sekitar seribu mahasiswa berkumpul dengan membentangkan poster, spanduk, dan bendera Palestina. Hal itu sebagai bentuk mengekspresikan dukungan untuk rakyat Palestina yang menderita akibat konflik kemanusiaan yang berkepanjangan.

Tak hanya mahasiswa, aksi damai juga melibatkan tenaga pendidikan, dosen hingga Rektor UMKU. Mereka juga turun tangan mengikuti aksi serupa yang digelar serentak di Indonesia.

Dalam aksi itu, mereka menyerukan kepada komunitas internasional untuk bertindak lebih aktif, dalam mengakhiri penindasan terhadap rakyat Palestina. Selain itu, mendesak untuk mewujudkan perdamaian yang konkrit di kawasan Gaza, Rafah dan sekitarnya.

“Aksi hari ini mencerminkan nilai-nilai kemanusiaan yang hakiki, dimana hak-hak asasi dan martabat kemanusiaan warga Palestina wajib terpenuhi,” ujar Rektor UMKU Dr. Edy Soesanto saat memberikan orasi di depan para peserta aksi damai.

“Perguruan Tinggi Muhammadiyah dan Aisyiyah (PTMA) se-Indonesia yang tergabung dalam Forum Rektor PTMA mengutuk keras Israel atas agresi dan serangan militer yang sangat tidak proporsional,” ujar Edy lantang.

Selain itu, kata Edy, Israel melakukan penangkapan massal terhadap warga sipil Palestina, perusakan berbagai fasilitas umum, utamanya fasilitas kesehatan dan serta blokade bantuan kemanusiaan.

Edy juga mengapresiasi dukungan mahasiswa, dosen, dan guru besar di seluruh dunia, yang sudah berani menyuarakan hati nurani dan akal sehatnya menolak kejahatan genocide Israel dan mendukung kemerdekaan Palestina.

Aksi Bela Palestina berlangsung aman dan tertib. Selain orasi, peserta aksi juga menampilkan musikalisasi puisi bela Palestin, pernyataan sikap dan ditutup dengan do’a.

Untuk diketahui, aksi bela Palestina di kampus Universitas Muhammadiyah Kudus ini merespon surat himbauan gelar “Aksi damai bela Palestina dan mengutuk Israel” yang diterbitkan dari Majelis Pendidikan Dasar dan Menengah dan Pendidikan Non formal PP Muhammadiyah.

Surat dari Mejelis Dikdasmen dan PNF PP Muhammadiyah nomor 173/1.4/F/2024 pada Selasa 7 Mei 2024 ditujukan kepada Pengurus Wilayah Muhammadiyah, Pengurus Daerah Muhammadiyah, Pengurus Cabang Muhammadiyah serta kepala sekolah SMK/SMA hingga SD/MI Muhammadiyah se Indonesia. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES