Peristiwa Daerah

Unsri Apresiasi Moderasi Beragama Goes to Campus oleh Kemenag di Luar Jawa

Rabu, 08 Mei 2024 - 22:00 | 13.99k
Kegiatan Moderasi Beragama Goes to Campus di Unsri Palembang. (FOTO: Balitbang dan Diklat Kemenag for TIMES Indonesia)
Kegiatan Moderasi Beragama Goes to Campus di Unsri Palembang. (FOTO: Balitbang dan Diklat Kemenag for TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, PALEMBANG – Universitas Sriwijaya (Unsri) Palembang dipilih sebagai kampus pertama diluar Pulau Jawa yang menggelar kegiatan Moderasi Beragama Goes to Campus yang dibuat oleh Badan Litbang dan Diklat Kementerian Agama (Kemenag). 

Mengusung tema ‘Kearifan Budaya Lokal Perkuat Perekonomian Umat’ kegiatan Moderasi Beragama Goes to Campus Badan Litbang dan Diklat Kemenag digelar di Unsri Palembang pada hari ini (8/5/2024). 

Dekan FISIP Unsri AlFitri mengapresiasi kerja sama antara Badan Litbang dan Diklat Kemenag dengan Unsri. Kampus tersebut menjadi lokasi pertama Moderasi Beragama Goes to Campus di luar Pulau Jawa.

“Kami bangga menjadi kampus pertama di luar Jawa yang menjadi tujuan Moderasi Beragama Goes to Campus. Moderasi beragama membantu dalam membentuk keragaman dalam keharmonisan,” ucap Dekan FISIP Unsri Alfitri dalam keterangan persnya kepada TIMES Indonesia pada Rabu (8/5/2024). 

Dalam kesempatan tersebut ditampilkan juga prasasti Talang Tuo yang mengajarkan bahwa beberapa abad yang lalu masyarakat Palembang telah menerapkan prisip keharmonisan di tengah keberagaman.

“Banyak bukti sejarah yang ditinggalkan kerajaan Sriwijaya sebagai simbol kehidupan yang damai di tengah kemajemukan. Terdapat dua prinsip yang membangun hal tersebut, yaitu keluwesan dan keuletan. Keluwesan inilah yang kini dikenal sebagai moderasi beragama,” jelas Alfitri.

Terakhir, AlFitri berharap kerjasama ini tidak sebatas kegiatan ini saja. “Acara ini menjadi manisfestasi dari kolaborasi antar kementerian, sehingga diharapkan dapat berkelanjutan,” pungkasnya.

Hadir dalam acara Moderasi Beragama Goes to Campus antara lain Direktur Pendayagunaan Badan Amil Zakat Nasional (Baznas), Ketua Jurusan Ilmu Komunikasi FISIP Unsri Husni Thamrin, dan Ketua FKUB Provinsi Sumsel KH Mal’an Abdullah. (*) 

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Hendarmono Al Sidarto
Publisher : Sofyan Saqi Futaki

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES