Peristiwa Daerah

Bupati Ponorogo Minta Kebutuhan Pupuk Bersubsidi bagi Petani LMDH Segera Direalisasikan

Kamis, 09 Mei 2024 - 06:45 | 27.58k
Bupati Sugiri Sancoko didampingi Sekda Agus Purnomo saat melakukan pertemuan dengan petani LMDH terkait pupuk subsidi. (Foto: Marhaban/TIMES Indonesia)
Bupati Sugiri Sancoko didampingi Sekda Agus Purnomo saat melakukan pertemuan dengan petani LMDH terkait pupuk subsidi. (Foto: Marhaban/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, PONOROGO – Diterbitkannya surat B-11035/SM/010/1/04/2024 yang usianya mengamanatkan agar petani yang tergabung dalam Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH) mendapatkan semua manfaat dari program Kementerian Pertanian RI, antara lain berupa pupuk bersubsidi.

Menyikapi hal tersebut Bupati Ponorogo Sugiri Sancoko mengambil langkah tegas dan meminta Dinas Pertanian Perikanan dan Ketahanan Pangan Pemkab Ponorogo sesegera mungkin mengakomodir kepentingan dan kebutuhan petani LMDH terkait subsidi pupuk tersebut.

Hal tersebut disampaikan Bupati Sugiri Sancoko dalam pertemuan bersama Paguyuban LMDH dan DPC HKTI Ponorogo, TPM Perhutani Lawu DS Madiun Selatan, dan perwakilan LMDH Ponorogo.

Pada kesempatan tersebut Bupati Sugiri Sancoko mendorong subsidi pupuk agar untuk petani hutan (LMDH) bisa segera direalisasikan.

“Orang yang paling berhak mendapatkan subsidi adalah orang miskin, terlebih mereka yang tidak punya tanah. (Petani hutan yang mengelola lahan Perhutani),” kata Bupati Sugiri Sancoko, Rabu (8/5/2024) sore. 

Menurut orang nomor satu di Pemkab Ponorogo ini, yang terpenting untuk menjadi perhatian agar alokasi pupuk untuk petani LMDH bisa tersalurkan dengan baik.

“Atas dasar ini, maka penting, dijadikan dasar untuk alokasi pupuk buat hutan,” jelasnya.

Sementara itu, Sekdakab Ponorogo, Agus Pramono meminta agar Dinas Pertanian Perikanan Ketahanan Pangan dan Perikanan Pemkab Ponorogo untuk bisa segera menerimanya.

“Dengan adanya surat dari kementerian pertanian harus segera disikapi dan segera direspons,” tegasnya.

Dia berharap Dinas Pertanian Ponorogo bisa segera mengakomodir kepentingan para petani hutan, agar bisa mendapatkan subsidi pupuk.

“Agar segera Merespons itu dengan konkret, koordinasi kongkritnya seperti apa, segera komunikasikan dengan pihak terkait, Provinsi maupun Kementerian, sehingga subsidi pupuk bisa tersalurkan sebagaimana mestinya,” ungkapnya.

Agus Pramono pun berharap di tahun–tahun berikutnya para Petani LMDH bisa mendapatkan program prioritas dari pemerintah dalam upaya meningkatkan kesejahteraannya. 

Dalam pertemuan di Ruang Bantarangin Pemkab Ponorogo tersebut, selain Bupati Ponorogo Sugiri Sancoko dan Sekda Agus Pramono, hadir juga Ketua Paguyuban LMDH sekaligus Ketua HKTI Ponorogo Agus Bimo Aji, TPM Lawu DS Madiun Selatan, dan perwakilan LMDH. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ronny Wicaksono
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES