Peristiwa Daerah

Dishub Kota Malang Gencar Sosialisasi Penataan CFD Reborn

Minggu, 12 Mei 2024 - 16:58 | 10.57k
Dishub Kota Malang saat melakukan sosialisasi CFD Reborn. (Foto: Rizky Kurniawan Pratama/TIMES Indonesia)
Dishub Kota Malang saat melakukan sosialisasi CFD Reborn. (Foto: Rizky Kurniawan Pratama/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, MALANG – Dinas Perhubungan atau Dishub Kota Malang serius dalam melakukan penataan Car Free Day (CFD) yang berada di area Jalan Besar Ijen, Kota Malang.

Apalagi, sebentar lagi Pemkot Malang melalui Dishub Kota Malang bakal segera meluncurkan CFD Reborn yang digadang-gadang sebagai penataan tempat dan fungsi yang lebih baik lagi.

Bahkan, belakangan ini Dishub Kota Malang sedang gencar gencarnya sosialisasi dan evaluasi untuk penataan jelang CFD Reborn.

Kepala Dishub Kota Malang, Widjaja Saleh Putra mengatakan, sosialisasi ini dilakukan demi mewujudkan CFD Reborn yang dikembalikan ke fungsi sebenarnya, yakni bebas kendaraan bermotor untuk berolahraga.

"Kita akan atur PKL dan parkir itu. Karena kita ditunjuk sebagai koordinator. Aturan sudah kita susun," ujar Widjaja, Minggu (12/5/2024).

Secara teknis, Dishub Kota Malang nantinya akan mengatur setiap zona untuk masing-masing fungsi.

Contoh, untuk UMKM atau PKL bakal dijadikan satu dengan lokasi tersendiri. Kemudian untuk parkir akan diatur di beberapa lokasi, kemudian area untuk pelayanan fasilitas pemerintah dan non pemerintah juga akan diberikan ruang tersendiri hingga penataan menuju kawasan Pasar Tugu yang berada di luar Stadion Gajayana Malang.

CFD-2.jpg

"PKL dan parkir seluas apapun tidak akan mampu menampung. Maka, kita akan tata dan rem dengan harapan bisa terpenuhi dengan tujuan bebas kendaraan bermotor," ungkapnya.

Selanjut, untuk hewan peliharaan yang memang biasa dibawa oleh sejumlah masyarakat saat ke CFD, juga akan diatur.

Widjaja memakai satu lokasi yang akan dikhususkan untuk hewan peliharaan.

"Kita tetapkan ada di cekungan menuju Jalan Sindoro sebelah timur Jalan Ijen untuk hewan. Ini perlu sosialisasi terus," katanya.

Sosialisasi ini dilakukan agar masyarakat bisa segera memahami konsep CFD Reborn yang bakal diluncurkan dalam waktu dekat ini.

"Kita terus mengingatkan biar tidak dijalanan. Jangan sampai menganggu orang yang sedang olahraga," ucap Kepala Dishub Kota Malang.

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Irfan Anshori
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES