Peristiwa Daerah

Disambut Antusiasme Tinggi, Kediri Half Marathon 2024 Diikuti 2750 Pelari

Minggu, 12 Mei 2024 - 21:52 | 20.68k
Para pelari Kediri Half Marathon 2024 melewati Monumen Simpang Lima Gumul (SLG) (Foto: Yobby/TIMES Indonesia)
Para pelari Kediri Half Marathon 2024 melewati Monumen Simpang Lima Gumul (SLG) (Foto: Yobby/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, KEDIRI – Senyum merekah di wajah Manik saat memperlihatkan medali finisher Kediri Half Marathon 2024, medali maraton perdananya. Ajang maraton dalam rangka HUT Kabupaten Kediri ke-1220 tersebut merupakan maraton keduanya. Namun di ajang sebelumnya, ia tidak mendapatkan medali. 

Wanita asal kota Kediri itu mengaku mendapatkan pengalaman baru di Kediri Half Marathon.

"Seru dan menyenangkan sekali. Akhirnya saya bisa mendapatkan medali," tuturnya. 

Hal senada juga diungkapkan peserta asal Ponorogo bernama Nadia. Karena di tempat asalnya bulan ini belum ada ajang lari maraton, ia akhirnya memilih untuk ikut Kediri Half Marathon.

Meski lelah, Nadia tetap menikmati rute maraton yang salah satunya melewati monumen Simpang Lima Gumul itu. "Capek tapi senang. Rutenya juga menarik," tambahnya. 

Kediri-Half-Marathon-2.jpgPara pelari Kediri Half Marathon 2024 melewati Monumen Simpang Lima Gumul (SLG) (Foto: Yobby/TIMES Indonesia)

Antusiasme peserta Kediri Half Marathon tahun 2024 memang melebihi tahun sebelumnya. Hal itu bisa dilihat dari jumlah peserta yang meningkat hampir dua kali lipat dari perhelatan sebelumnya.

Pada tahun 2023 lalu ada sekitar 1500 pelari ikut ambil bagian, sementara tahun ini ada setidaknya 2750 pelari. 

Ribuan pelari tersebut dilepas oleh Wakil Bupati Kediri Dewi Mariya Ulfa yang ditemani sejumlah kepala OPD terkait.  Ada lima kelas yang dibuka yakni 21k, 10k, 5k, pelajar dan kelas khusus penyandang disabilitas. 

"Ini tahun ketiga kita. Para pelari sudah membuktikan kalau Kediri Half Marathon ajang yang mumpuni dan memberikan kesenangan, karena itu mereka ikut ambil bagian," ujar Ketua Koordinator Acara Kediri Half Marathon Edwin Effendi, Minggu (12/05/2024). 

Edwin menuturkan kelas yang dibuka tetap sama seperti tahun lalu, namun ada perbedaan pada lokasi start. Jika tahun sebelumnya start di area depan Dinas Perhubungan Kabupaten Kediri, untuk tahun ini para pelari memulai di garis start yang berada di sekitaran Taman Hijau, kawasan wisata Simpang Lima Gumul (SLG).

"Untuk rute kelas 10 km dan 5 km tidak berubah. Tapi untuk kelas 21 km kita kembali memakai rute yang digunakan pada tahun 2020," jelas Edwin. 

Para pelari dari wilayah Kediri Raya, peserta juga datang dari luar Kediri Raya seperti dari Jakarta, Bogor dan Kalimantan. "Kita ingin mewadahi para pelari, baik Jawa Timur dan Nasional, untuk merasakan pengalaman maraton di Kabupaten Kediri," tambahnya. 

Untuk kelas 21 km umum kelompok putra dimenangkan oleh Ardhi Wirayuda, Meiman Hasrat Waruwu dan Khunala Satria Amin. Sedangkan untuk kelompok putri Firdauziah Sudarsono, Farah Aurelia Salsabillah dan Ariani Dwi Astutik muncul sebagai juara. 

Sementara itu di kelas 21 km master kelompok putra muncul sebagai pemenang Faizin, Margono dan Heri Poriono. Sedangkan di kelompok putri ada Shindy Patricia, Tri Sulistyawati dan Florentia Tisila menjadi yang terbaik.

Partisipasi Pelajar Kabupaten Kediri

Kediri half marathon juga turut diikuti ratusan pelajar dari berbagai tingkatan sekolah di Kabupaten Kediri. Para pelajar ini tidak hanya turun di kelas pelajar tapi ada juga yang ikut dalam kelompok umum.

Kediri-Half-Marathon-3.jpg

Diharapkan dari keikutsertaan para pelajar ini bisa menggali potensi bidang olahraga dan menumbuhkan bibit atlet baru dari kalangan pelajar. 

"Dari pelajar tingkat SMA/SMK dan MA ada 100 orang ikut. Tingkat SMP sederajat ada 250 orang, baik putra-putri. Sedangkan pelajar yang ikut umum ada 950 orang," ujar Sub Koordinator Seksi Pemuda dan Olahraga Dinas Pendidikan Kabupaten Kediri Tri Setyo Nugroho. 

Untuk kelas pelajar SMP sederajat putri muncul sebagai juara Vani Friska (SMPN 3 Pare), Tahta Kirana (SMPN 2 Pare) dan Fadira Mulia (SMPN 2 Pare). Sedangkan di pelajar SMP 5k putra, Atalah Gus Pratama (SMPN 1 Pagu), Bayu Adrian (SMP 1 Kandangan) dan Faisal Ghifari (MTSN 1 Kediri) menjadi juara. 

Sementara itu di kelas pelajar SMA sederajat putra gelar juara diraih Tito Nauval Lubaba (MAN 3 Kediri), Oktavianur Hasan Romadhoni (Man 4 Kediri), dan Chesta Ayasi Fristama (SMA 1 Pare).

Terakhir untuk kelompok putri ada Cantika Pramesti (SMA 1 Pare), May Ratnawati (SMA 1 Puncu) dan Villa Putri Feronika (MAN) 4 Kediri sebagai yang terbaik. 

Untuk kelas difabel sendiri, Kediri Half Marathon 2024 dalam rangka HUT Kabupaten Kediri ini diikuti kurang lebih 99 orang peserta yang terbagi menjadi dua kelompok.  (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ronny Wicaksono
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES