Peristiwa Daerah

Desa Mandiri Melejit, Mas Aji Layak Lanjutkan Memimpin Pacitan

Selasa, 14 Mei 2024 - 14:22 | 167.54k
Koordinator Pendamping Desa Kabupaten Pacitan Septian, Dwi Cahyo (FOTO: Rojihan/TIMES Indonesia)
Koordinator Pendamping Desa Kabupaten Pacitan Septian, Dwi Cahyo (FOTO: Rojihan/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, PACITAN – Status desa mandiri di Kabupaten Pacitan, Jawa Timur melejit, Koordinator Pendamping Desa Kabupaten Pacitan Septian Dwi Cahyo menilai kepemimpinan Bupati Indrata Nur Bayuaji layak dilanjutkan dua periode.

Sesuai data dari Kementerian Desa PDTT RI sejak kepemimpinan Indrata Nur Bayuaji mengalami peningkatan singnifikan terbukti di tahun 2019 Desa Mandiri ada 1, tahun 2020 2 Desa Mandiri, tahun 2021 4 Desa Mandiri, 2022 23 Desa Mandiri dan tahun 2023 47 Desa Mandiri.

"Menurut saya dengan meningkatnya setatus Desa Mandiri. Ini membuktikan salah satu keberhasilan Bupati Indrata Nur Bayuaji dalam memimpin Pacitan di periode pertama ini, dan sangat layak untuk memimpin kedua kalinya mengingat banyak jejak positif untuk pembangunan Kabupaten Pacitan," katanya, Selasa (14/5/2024).

Selain itu, Ketua PC PMII Pacitan Periode 2013-2014 Septian Dwi Cahyo ini pun perhatian Bupati Indrata Nur Bayuaji terhadap Desa Mandiri terbukti pula masuk dalam visi-misinya yang tercantum dalam RPJMD Pacitan.

"Kepeduliannya terhadap fokus mendorong Desa Mandiri di Pacitan terbukti dalam RPJMD, maka dari itu kepeduliannya terhadap Desa sangat bagus melalui jajaran di bawahnya," imbuhnya.

Sebab lanjut Cahyo, Desa merupakan salah satu benteng dan tolak ukur keberhasilan. Jika desa makmur dan mandiri berdampak kepada kemajuan suatu daerah terkusus Kabupaten Pacitan.

"Desa ini salah satu benteng kemajuan suatu Daerah bahkan Negara. Jika masyarakat desanya makmur daerah maupun negara maju dan sejahtera," ucapnya.

Sebagai informasi menurut UU No. 6 Tahun 2014, Desa Mandiri merupakan desa yang mmpunyai ketersediaan dan akses terhadap pelayanan dasar yang memadai, infrastruktur yang memadai, aksesibilitas/ transportasi yang tidak sulit, pelayanan umum yang bagus, serta penyelenggaraan pemerintahan yang sudah sangat baik. Desa Mandiri adalah desa yang memiliki nilai Indeks Pembangunan Desa (IPD) lebih dari 75. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Sofyan Saqi Futaki

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES