Peristiwa Daerah Info Haji 2024

Petugas PPIH Embarkasi Surabaya Amankan Cairan, Powerbank dan Benda Tajam 

Selasa, 14 Mei 2024 - 16:03 | 16.17k
Benda-benda tajam yang diamankan oleh PPIH Embarkasi Surabaya, Selasa (14/5/2024). (FOTO: Lely Yuana/TIMES Indonesia)
Benda-benda tajam yang diamankan oleh PPIH Embarkasi Surabaya, Selasa (14/5/2024). (FOTO: Lely Yuana/TIMES Indonesia)
FOKUS

Info Haji 2024

TIMESINDONESIA, SURABAYA – Petugas Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi Surabaya terpaksa mengamankan sejumlah barang milik jemaah.

Antara lain cairan lebih dari 100 ml seperti sampo, madu, atau minuman. Kemudian tas di luar tiga tas yang telah ditentukan (tas koper logo SV, tas tenteng logo SV, tas paspor logo SV) serta benda-benda tajam seperti silet, gunting, alat cukur, dan pisau. 

"Benda tajam menurut aturan keamanan penerbangan harus ditempatkan di tas koper bagasi," terang Sekretaris PPIH Embarkasi Surabaya, Abdul Harris, Selasa (14/5/2024).

Jemaah-haji-tiba.jpgJemaah haji tiba di Asrama Haji Sukolilo Surabaya, Selasa (14/5/2024).(FOTO: Lely Yuana/TIMES Indonesia)

Diketahui, Asrama Haji Sukolilo menerima kedatangan 4 kloter pada Senin (13/5/2024) malam kemarin. Kloter 11, 12, dan 13 berasal dari Kabupaten Tuban. Sedangkan kloter 14 berasal dari Kota Batu, Kota Surabaya dan Kabupaten Tuban. 

Di dalam koper bagasi jemaah masih ditemukan powerbank yang menurut aturan keamanan penerbangan powerbank harus disimpan di tas tenteng dan kapasitasnya tidak melebihi 20.000 maH. Selain itu masih ditemukan jemaah yang membawa rokok melebihi kuota yang diperbolehkan yakni maksimal 2 slop. Dalam proses pemeriksaan tas tenteng sebelum memasuki bus yang mengantarkan ke bandara, masih ditemukan sejumlah barang-barang yang terpaksa harus diamankan petugas.

Kloter 8 Asal Lamongan Berangkat Hari Ini

Sementara itu, rombongan jemaah haji dari seluruh Jatim terus berdatangan di Asrama Haji Sukolilo Surabaya.

Masa operasional haji di Embarkasi Surabaya sendiri telah memasuki hari ke-4. Total 10 kloter atau 3.710 orang telah diberangkatkan ke tanah suci. 

"Ada 4 orang dari kloter 7 yang tertunda keberangkatannya. Dengan rincian 2 orang karena sakit dan 2 orang pendamping jemaah sakit," terang Abdul Harris.

Jemaah tertunda lainnya berasal dari kloter 8 sejumlah 2 orang dikarenakan sakit dan 1 orang jemaah pendamping sakit. Total jemaah yang tertunda keberangkatannya di Asrama Haji Embarkasi Surabaya sebanyak 7 orang.

Jemaah haji kloter 8 dari Kabupaten Lamongan berangkat ke tanah suci pada hari ini, Selasa (14/5/2024). Mereka tiba di Gedung Musdalifah Asrama Haji Sukolilo Surabaya sejak semalam dan sempat bertemu Wakil Menteri Agama, Saiful Rahmat Dasuki.

Wamenag berpesan agar para jemaah menjaga kondisi tubuhnya sebaik mungkin karena ibadah haji adalah ibadah fisik. 

"Bapak, ibu selama berada di tanah suci tolong dijaga betul staminanya agar daya tahan tubuhnya tidak menurun. Jangan ragu memberi tahu petugas terkait kondisi kesehatan bapak ibu jika memang dirasa memerlukan penanganan lebih lanjut,” pesannya.

Pria asal Jakarta ini menitipkan doa kepada para jemaah terkait kondisi bangsa Indonesia. 

“Titip salam di tempat-tempat mustajabah seperti Roudhoh maupun Ka’bah. Doakan bangsa ini apalagi kita baru saja melaksanakan Pemilu. Do’akan para pemimpin terpilih kita semoga dapat membawa bangsa ini menuju Indonesia emas,” tuturnya.

Ketika berada di tanah suci nanti, Saiful mengingatkan agar jemaah dapat menjaga marwah dirinya maupun bangsa Indonesia. "Kita berada di negeri orang, jaga diri baik-baik karena adat kebiasaan kita berbeda,” tegasnya.

Ia juga meminta para jemaah agar memperbanyak dzikir selama di tanah suci.  “Semoga bapak, ibu memperoleh haji mabrur, diberikan kelancaran dan kemudahan dalam melaksanakan ibadah haji,” jelasnya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Irfan Anshori
Publisher : Sofyan Saqi Futaki

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES