Peristiwa Daerah Info Haji 2024

813 Calon Jemaah Haji Banjarnegara Hari Ini Mulai Diberangkatkan

Selasa, 14 Mei 2024 - 16:32 | 15.43k
Sekda Indarto saat melepas calon jemaah haji Banjarnegara yang tergabung pada Kloter 13 di Pendapa Dipayudha Adigraha. (FOTO: Dok Kominfo Banjanegara)
Sekda Indarto saat melepas calon jemaah haji Banjarnegara yang tergabung pada Kloter 13 di Pendapa Dipayudha Adigraha. (FOTO: Dok Kominfo Banjanegara)
FOKUS

Info Haji 2024

TIMESINDONESIA, BANJARNEGARA – Mulai hari ini, Selasa (14/5/2024), sebanyak 816 jamaah calon haji asal Kabupaten Banjarnegara bertahap diberangkatkan dari Pendapa Dipayuda Adigraha.

Rombongan calon Jemaah haji asal Kabupaten Banjarnegara terdiri dari 4 kelompok terbang (kloter) 13, 14, 15, 16 ini akan diberangkat mulai pukul 03.00 pagi oleh Sekda Banjarnegara Drs H Indarto M.Si.

Kepala Bagian Kesra Setda Banjarnegara Sri Handono menyampaikan pemberangkatan jemaah haji akan dimulai dari Kloter 13 (SOC 13) Kabupaten Banjarnegara yang berjumlah 95 orang.

jemaah-haji-Banjarnegara.jpg

Kloter 13 ini akan bergabung dengan calon Jemaah haji dari Kabupaten Wonosobo. Kloter ini rencananya akan diberangkatkan pada pukul 03.00 WIB dan akan dilepas oleh Sekretaris Daerah Banjarnegara Indarto.

Kloter 13 ini dijadwalkan masuk embarkasi Donohudan Boyolali Hari Selasa, 14 Mei 2024 Pukul 09.00 WIB. Sementara kloter 14 yang berjumlah 220 orang ini akan bergabung dengan calon jemaah haji dari Kota Magelang. Kloter ini jadwal akan diberangkatkan pada pukul 06.00 WIB dan akan dilepas Staf Ahli Bupati Bidang Pemerintahan, Politik dan Hukum Sila Satriana.

Kloter 14 ini dijadwalkan masuk embarkasi Donohudan Boyolali Pukul 12.00 WIB. Kemudian Kloter 15 akan diberangkatkan pada pukul 09.00. Kloter ini menjadi Kloter terbesar dari Kabupaten Banjarnegara berjumlah 355 orang.

Sekda-Indarto-3.jpg

Dijadwalkan, Kloter 15 akan dilepas Staf Ahli Bupati Bidang Pembangunan, Ekonomi dan Keuangan Tulus Sugiharto. Kemudian untuk Kloter 15 ini dijadwalkan masuk embarkasi Donohudan Boyolali pada pukul 15.00 WIB. Sedangkan kloter 16 yang berjumlah 146 orang ini akan bergabung dengan kabupaten Purbalingga.

Kloter ini akan diberangkatkan pada Rabu (15/5/2024) dinihari atau pukul 01.00 WIB. Rombongan akan dilepas oleh Staf Ahli Bupati Bidang Kemasyarakatan dan SDM Bariyadi Jumpa Edo.

Dijadwalkan kloter 16 tiba di Embarkasi Donohudan pada pukul 06.00 WIB. "Untuk kloter 16 ini perjalanannya dipersingkat menjadi 5 jam dari sedianya 6 jam karena perjalanan malam dan lewat tol," jelas Sri Handono.

Sekretaris Daerah Banjarnegara Indarto menyampaikan, ibadah haji merupakan salah satu rukun Islam yang diwajibkan bagi yang mampu melaksanakannya baik segi ekonomi, dan kesehatan. Selain itu Calon Jemaah Haji juga harus memenuhi persyaratan baik syarat dalam ketentuan syariat maupun yang ditetapkan pemerintah.

“Saya ingin menitipkan harapan kepada bapak dan ibu sekalian Jamaah Calon Haji Banjarnegara agar senantiasa mendoakan daerah tercinta ini, semoga kemakmuran dan kesejahteraan rakyat terus meningkat, untuk menuju Banjarnegara Bangkit Banjarnegara Sejahtera,” katanya.

Ibadah haji lanjut Indarto hendaknya akan bermuara pada perubahan perilaku, tidak hanya menjadi lebih baik bagi diri sendiri, tetapi juga bagi orang lain. 

Indarto berharap jamaah calon haji  asal Kabupaten Banjarnegara fokus melaksanakan ibadah haji. Diharapkan juga, calon jemaah Banjarnegara mampu bertindak sebagai duta-duta bangsa dan duta daerah karena akan menyatu dengan  umat Islam dari seluruh pelosok penjuru dunia. 

“Karena itu pelihara dan jagalah martabat dan kebersamaan selama menjalankan rukun Ibadah haji, serta tidak lupa menghormati tradisi yang dimiliki oleh bangsa lain,” pesan Indarto, Sekda Banjarnegara. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Irfan Anshori
Publisher : Sofyan Saqi Futaki

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES