Peristiwa Daerah

Menggali Potensi Energi Terbarukan,  Kolaborasi Strategis BRIN di Klungkung

Rabu, 15 Mei 2024 - 17:28 | 10.48k
Direktur Kebijakan Riset dan Inovasi Daerah Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN), Sri Nuryanti bersama jajaran melakukan kunjungan ke Kabupaten Klungkung. (FOTO: Haryadi for TIMES Indonesia)
Direktur Kebijakan Riset dan Inovasi Daerah Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN), Sri Nuryanti bersama jajaran melakukan kunjungan ke Kabupaten Klungkung. (FOTO: Haryadi for TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Dalam upaya memajukan penggunaan Energi Baru Terbarukan (EBT) di Indonesia, Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) mengambil langkah signifikan dengan mengunjungi Kabupaten Klungkung.

Direktur Kebijakan Riset dan Inovasi Daerah BRIN, Sri Nuryanti bersama jajaran melakukan kunjungan ke Kabupaten Klungkung. Kunjungan diterima Penjabat (Pj) Bupati Klungkung, I Nyoman Jendrika didampingi Sekda Klungkung, A.A Gede Lesmana, Perwakilan Badan Riset dan Inovasi Daerah (BRIDA) Provinsi Bali dan Kepala BRIDA Kabupaten Klungkung, Ketut Budiarta. 

Kunjungan ini merupakan tindak lanjut dari studi yang telah dilakukan oleh universitas terkait potensi pengembangan EBT di wilayah Bali, khususnya di Kabupaten Klungkung. 

Diskusi intensif mengenai implementasi kebijakan energi dan observasi lokasi untuk proyek percontohan di kepulauan Nusa Penida juga menjadi agenda penting dalam kunjungan tersebut. Pemerintah, yang tengah berupaya keras menuju target zero emission, mendukung penuh inisiatif ini.

Sri Nuryanti menekankan pentingnya melihat secara langsung potensi yang ada di Klungkung untuk pengembangan EBT.  "Kami ingin melihat langsung apa yang bisa dikembangkan terkait energi baru terbarukan (EBT) di Kabupaten Klungkung," katanya, pada Rabu (15/5/2024).

Pj. Bupati Jendrika menyampaikan terima kasih kepada pemerintah pusat dan BRIN atas pemilihan Klungkung sebagai lokasi pengembangan EBT. 

Ia menyoroti di Kabupaten Klungkung khususnya di Nusa Penida merupakan area yang kaya akan potensi inovasi, dengan sumber energi seperti angin, ombak, dan matahari yang siap dikembangkan. 

“Kami berharap studi yang telah dilakukan dapat diwujudkan dalam bentuk teknologi dan solusi konkret untuk wilayah kami,” kata Jendrika.

Pemerintah Kabupaten Klungkung menyatakan kesiapannya untuk mendukung program nasional BRIN dalam pengembangan EBT di Nusa Penida. 

“Kami bersemangat untuk menerima teknologi EBT yang akan mendukung industri pariwisata di Nusa Penida, yang merupakan salah satu destinasi wisata utama di Bali,” ujarnya.

Dengan komitmen kuat dari pemerintah daerah dan dukungan BRIN, Klungkung berada di jalur yang tepat untuk menjadi contoh sukses dalam pemanfaatan EBT.  Inisiatif ini tidak hanya akan membantu Indonesia mencapai tujuan zero emission, tetapi juga akan meningkatkan kualitas hidup masyarakat setempat dan mendukung pertumbuhan ekonomi berkelanjutan melalui pariwisata ramah lingkungan. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES