Peristiwa Daerah

Ratusan Rumah Warga di Desa Blendung Tergenang Air Rob

Rabu, 15 Mei 2024 - 18:09 | 59.61k
Nampak genangan air rob mengepung pemukiman warga di Desa Blendung, Kecamatan Ulujami. (Foto: Muswadi )
Nampak genangan air rob mengepung pemukiman warga di Desa Blendung, Kecamatan Ulujami. (Foto: Muswadi )

TIMESINDONESIA, PEMALANG – Gelombang pasang air laut atau biasa disebut banjir Rob, melanda daerah pesisir utara kecamatan Ulujami, Kabupaten Pemalang, Jawa Tengah.

Akibatnya ratusan rumah di wilayah 5 RW Desa Blendung terendam banjir dengan ketinggian 50 centimeter, bahkan ada yang sampai setinggi paha orang dewasa, mengakibatkan aktifitas warga setempat  terganggu.

Menurut Muswadi (40) seorang warga yang tinggal di lingkungan RT 01/RW 07 Desa Blendung, air rob yang datang dari luapan air laut utara Jawa ini biasa datang siang selepas waktu shalat Ashar.

"Air Rob datang mulai abis ashar dan menggenangi lingkungan RW.01 sampai RW.05," kata Muswadi.

Akibat luapan air laut menggenangi pemukiman ini, warga kesulitan beraktivitas. Sebagian warga memilih bertahan di dalam rumah dan mensiasati tingginya air yang masuk ke rumah dengan meninggikan tempat tidurnya.

Lebih lanjut Muswadi mengatakan, air rob tidak hanya menggenangi pemukiman warga, akan tetapi beberapa fasilitas umum seperti, sekolahan, kantor balai desa dan mushola juga ikut tergenang air.

"Untuk aktivitas anak sekolah masih bisa berjalan Karena kalau waktu pagi air surut," tuturnya.

Dengan makanan seadanya lantaran belum adanya bantuan dari pemerintah, warga berusaha bertahan, kesulitan air untuk mandi maupun MCK juga dirasakan lantaran air sumur milik warga banyak tercampur dengan genangan air rob.

"Yang sudah ngasih bantuan ke warga dari beberapa organisasi sosial seperti Lindu Aji, Komunitas Pemalang bersatu, BBI dan Laziz Jawa Tengah, sementara dari Pemkab belum dengar dan saya belum lihat adanya bantuan datang," jelas Muswadi melalui sambungan teleponnya pada Rabu siang (15/5/2024 ) .

Sementara itu baik Kepala Desa Riyanto maupun Sekdes Desa Blendung Khoduri, ketka dikonfirmasi lewat sambungan teleponnya, belum memberikan konfirmasinya terkait hal ini.

Begitupun juga kepala Badan Pengendalian dan Bencana Daerah (BPBD) kabupaten Pemalang Andriadi, belum memberikan jawabannya.

Warga sangat berharap adanya bantuan nasi bungkus, obat-obatan untuk gatal dan peralatan kebersihan seperti alat pel dan serok untuk membersihkan genangan air Rob yang masuk rumah. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES